BERASUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Melalui No. CS dan Media sosial, Perumda Air Minum Batiwakkal Berau kembali mendapatkan keluhan dari pelanggannya terkait dengan menurunnya kualitas air.
“Tolong dong Min, kami sudah membayar kewajiban kami, kenapa kualitas airnya tidak sesuai dengan yang kami terima?,” Ujar salah seorang pelanggan.
Menanggapi hal tersebut, tim yang terdiri dari bagian produksi dan distribusi Perumda Air Minum Batiwakkal Berau segera melakukan koordinasi guna mengevaluasi kemungkinan penyebab menurunnya kualitas air.
Menurunkan nya kualitas air disebabkan beberapa faktor seperti sering terjadinya gangguan kebocoran jaringan pipa akhir-akhir ini yang mengakibatkan air menjadi keruh karena terkontaminasi kotoran dari sekitar lokasi kebocoran pipa.
Selain itu, Kondisi tersebut diperparah dengan perubahan air baku secara tiba-tiba, yakni Kondisi air baku yang berubah dengan sangat cepat yaitu kondisi air keruh kiriman dari hulu sungai
Hal tersebut menyebabkan dosis bahan kimia yang diberikan tidak sempat mengimbangi perubahan kekeruhan air sungai yang berubah dengan sangat cepat.
Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Saipul Rahman mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut.
Langkah yang diambil antara lain dengan mengirimkan tim langsung ke lokasi pelapor, kemudian juga melakukan flushing di titik-titik yang diduga kemungkinan terjadinya gangguan kualitas.
“Atas nama Perumdam Batiwakkal, kepada pelanggan kami memohon maaf atas gangguan pelayanan ini,” Ungkapnya.
“Terus dukung kami memberikan informasi melalui nomor pelayanan 081346320101 atau 081352463900,” Pungkasnya.