• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Usai Menelan Korban, Tokoh Adat Gelar Ritual Adat di Wisata Tulung Ni’ Lenggo

    Jun 11, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Beberapa waktu lalu wisata Telaga Biru atau Tulung Ni’ Lenggo sempat ditutup sementara usai kejadian naas yang merenggut nyawa seorang wisatawan.

    Oleh karenanya, Para Tokoh Adat bersama dengan Pemerintah Kampung Tembudan, Kecamatan batu putih menggelar acara ritual adat di Lokasi Wisata tersebut. Senin (10/06/2024)

    Djauhari selaku ketua adat memimpin serangkaian prosesi ritual adat tersebut, dirinya menghimbau agar tempat wisata tersebut akan dibuka tiga hari sesudah acara ritual tersebut digelar.

    Selain itu, dirinya juga menghimbau wisatawan yang berkunjung untuk tidak mengunjungi area-area tertentu pada kawasan wisata Telaga Biru tersebut.

    “Ada daerah tertentu didaerah wisata yang tidak dapat di kunjungi oleh para wisatawan, para wisatawan yang datang berkunjung dilarang berteriak teriak di tempat wisata serta pengunjung dilarang memukul mukul air di tempat wisata,” Ungkapnya.

    Oleh karena itu, pengelola tempat wisata tersebut nantinya akan membuat larangan-larangan tersebut dalam baleho yang nantinya akan dipasang pada area-area yang dilarang.

    Sementara itu, Barnabas yang merupakan tokoh adat mengatakan hal tersebut perlu dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    “ini sangat perlu dilakukan agar kita dan para pengunjung tempat wisata dapat terhindar dari insiden yang tidak kita harapkan,” Ucapnya.

    Kepala kampung Tembudan, Zainuddin yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan Hal tersebut perlu dilakukan sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

    “ini perlu dilaksanakan agar dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang datang ke Telaga biru,” Pungkasnya. (*MNH)