• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Tingkatkan Kualitas Ekraf Berau, Disbudpar Gelar Pelatihan Kuliner

    Sep 23, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Demi menciptakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDA) di bidang kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten Berau, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pelatihan Inovasi dan Higienitas Kuliner Kabupaten Berau 2023, di Family Care Jl. H Isa 1, Tanjung Redeb.

    Ilyas Natsir, Kepala Disbudpar Kabupaten Berau, saat dimintai keterangan menyebut kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 23-25/9/2023. Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh pelaku wisata kuliner di Bumi Batiwakkal juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

    “Kuliner adalah merupakan salah satu subsektor di bidang ekonomi kreatif (Ekraf) di unggulkan di Berau, sedangkan kita memiliki banyak jenis kuliner, sehingga perlu kita tingkatkan SDA kita, untuk memaksimalkan potensi yang kita miliki,” ungkapnya.

    Dikatakan Ilyas, kegiatan tersebut turut menghadirkan chef dari samarinda sebagai pemberi materi dan praktek. Sehingga nantinya chef tersebut bisa lebih mengutamakan penggunaan potensi bahan yang Berau Miliki.

    Diungkapkannya, kemajuan industri pariwisata sangatlah bergantung pada industri ekonomi kreatif masyarakat, terkhusus pada bidang kuliner. “Sehingga saat wisatawan datang ke Berau, yang mereka cari pasti kulinernya,” ujarnya.

    Meski dinilainya Kuliner di Bumi Batiwakkal sudah cukup baik, namun dirinya tidak menampik masih ada yang perlu dibenahi. Baik terhadap kualitas SDM yang terampil, maupun penyajiannya yang perlu di maksimalkan.

    “Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menciptakan SDA yang baik sehingga Kuliner di Berau mampu membantu mendongkrak kemajuan industri pariwisata kita,” Pungkasnya.

    Sementara itu, Chef Yudie, Ketua Indonesian Chef Asosiasi BPK Kaltim, yang juga merupakan pemberi materi dan praktek, menyebut pada pelatihan ini, Higienitas menjadi materi utama.

    “Sebab higienitas merupakan pun utama dalam menyajikan sebuah makanan, karna akan berpengaruh pada kesehatan dan kebersihannya,” paparnya.

    Adapun materi dan praktek lainnya disebutkannya yaitu mulai dari pembuatan makanan pembuka, hingga makanan penutup, tentu dengan potensi Kuliner yang Berau miliki.

    Disebutkannya juga, adapun potensi Kuliner yang dimiliki Berau yaitu kekayaan laut, sehingga tidak sulit menemukan bahan-bahan Seafood seperti Kepiting dan Lobster yang menjadi incaran para pelancong.

    “Banyak potensi Kuliner yang dimiliki Berau, tinggal bagaimana mengolahnya dengan maksimal,” tutupnya. (Uga/adv)