• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Tindak Lanjut Wacana Pembangunan Waterbased, Pihak Bandara Kalimarau Akan Lakukan Survey

    Dec 12, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bandara Perairan atau Waterbased serta Pesawat amfibi atau Seeplane di rencanakan akan hadir di beberapa tempat wisata di Kabupaten Berau salah satunya yakni pulau Derawan.

    Menindaklanjuti Rencana tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Berau bersama dengan Pihak Bandara Kalimarau akan mendampingi Badan Kebijakan Transportasi untuk meninjau lokasi yang akan dijadikan Waterbased tersebut, Survey tersebut akan dilakukan pada tanggal 13 Desember 2023.

    Kepala Kantor Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin mengatakan bahwa untuk penerbangan seeplane sendiri membutuhkan beberapa pertimbangan guna memastikan keselamatan penerbangan.

    “Untuk pendaratan seeplane itu butuh beberapa pertimbangan seperti tadi arah anginnya, kecepatan anginnya, dan tinggi ombaknya akan menjadi pertimbangan terkait dengan keselamatan penerbangan,” Ungkapnya. Selasa (12/12/2023)

    Dijelaskannya hal-hal tersebut akan menjadi pertimbangan pada saat melakukan survey nantinya untuk mengetahui lokasi yang akan dijadikan sebagai Waterbased.

    Disebutkannya pula, direncanakan akan ada dua destinasi wisata yang menjadi tempat survey, yakni Pulau Maratua dan Pulau Derawan.

    “Tapi untuk saat ini nanti kita berkembang melihat di lapangan nanti seperti apa,” Lanjutnya.

    Salah satu hal yang akan menjadi pertimbangan pula yakni jarak antara satu Bandara dengan Bandara lainnya sesuai dengan Peraturan Menteri mengingat Pulau Maratua sendiri juga telah memiliki Bandara.

    “Karena ada ketentuannya dalam hal pembangunan Bandara terkait dengan jarak Bandara satu dengan Bandara lainnya untuk di Kalimantan sendiri berapa jaraknya,” Pungkasnya. (*MNH).