• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Tersisa 3 Bakal Calon, La Ode Ilyas Dapat Dukungan Terbanyak

    Feb 6, 2023

    BERAUSATU.ID – Tersisa 3 Bakal Calon, La Ode Ilyas Sukses Raup Jumlah Dukungan Cabor Terbesar

    Mediaetam.com, Berau – Tahap pencalonan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau masa bakti 2023 – 2027 telah memasuki tahap pengembalian berkas pendaftaran. Dari 7 kandidat yang telah mendaftar, hanya 3 bakal calon (Bacalon) yang mengembalikan berkas.

    Salah satu bacalon yang telah mengembalikan berkas ialah La Ode Ilyas, yang sukses mengumpulkan dukungan dari 31 cabang olahraga (Cabor). Bacalon yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 1 KONI Berau itu tercatat sebagai kandidat yang paling banyak meraup jumlah dukungan cabor untuk sementara.

    Lao De pun optimis dapat bertahan pada tahap verifikasi yang akan menjadi tahap berikutnya. Ia juga meyakini seluruh cabor yang telah mengusungnya itu tetap konsisten sampai pada tahap akhir.

    “Alhamdulillah tahapan-tahapan yang menjadi persyaratan sudah kami lalui. Setelah kami mengambil formulir pendaftaran, kemudian dukungan cabor – cabor yang membesarkan kami itu juga yang meyakinkan kami untuk dapat bertarung pada pemilihan Ketua KONI Berau,” ungkapnya, saat ditemui di Kantor KONI Berau, Jalan Mangga II, Tanjung Redeb, pada Minggu (5/2/2023).

    Pada kesempatan itu, La Ode mengaku untuk dapat mengurus KONI Berau tidak perlu rumit. Pasalnya, menurut dia, yang terpenting adalah niat untuk membenahi dan meningkatkan prestasi para atlet.

    “Jangan hanya niat untuk mengendarai, tapi mengambil manfaat dengan keberadaan KONI itu sendiri. Misalnya, tujuan KONI itu tentu bagaimana caranya kita mau memajukan prestasi daerah dalam olahraga,” ungkapnya.

    “Kita harumkan nama Berau. Kami dengan teman-teman cabor tidak ada pikiran lain, selain tujuan itu,” tambahnya.

    La Ode menyebut sudah menyiapkan program unggulan untuk KONI Berau. Bahkan, untuk dapat maju sebagai pimpinan tertinggi organisasi yang menaungi seluruh cabang olahraga di bumi Batiwakkal itu, La Ode mengusung konsep eksponesial yang artinya peningkatan prestasi secara bertahap di bidang olahraga.

    “Saya sudah buat analisis SWOT, yang akan mengukur kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang akan kita hadapi. Setelah itu, baru kita kawinkan dengan tupoksi KONI. Nanti akan muncul kesimpulan terakhir yaitu program unggulan,” terangnya.

    Adapun dua bakal calon lainnya yang telah mengembalikan berkas pendaftaran, yaitu Taupan Majid dan Najemuddin.

    Anggota Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Pencalonan Ketua Umum KONI Berau Masa Bakti 2023 – 2027, Yon Sutiyo mengatakan masing-masing kandidat telah mengembalikan berkas pada hari terakhir.

    “Jumlah dukungan untuk kandidat atas nama Taupan Majid itu ada 27 cabor. Kemudian, kandidat atas nama Najemuddin itu ada 20 cabor,” tuturnya.

    Yon juga menyebut bahwa pada saat proses penyerahan berkas, seluruh berkas itu tersegel dan ditandatangani oleh 5 orang Anggota TPP Pencalonan Ketua Umum KONI Berau Masa Bakti 2023 – 2027.

    “Masih tersegel dan tidak ada yang dibuka sama sekali, sehingga untuk cabor mana saja yang mendukung masing-masing kandidat itu belum dapat diketahui,” imbuhnya.

    Terakhir, Yon mengungkapkan bahwa untuk tahap berikutnya, seluruh anggota TPP akan melakukan verifikasi berkas yang akan berlangsung pada 6-8 Februari 2023. Dalam tahap itu, Anggota TPP akan melakukan pengecekan jumlah dukungan cabor yamg mengusung masing-masing calon.

    “Termasuk untuk jumlah cabor yang double akan dicek kembali sesuai Surat Keputusan (SK) yang resmi agar sesuai dengan syarat yaitu harus 30 persen dukungan dari jumlah cabor yang ada,” pungkasnya. (*/Christian)