• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Syarifatul Syadiah Mnta Pemkab Berau Untuk Memperhatikan SDM Pada Sektor Pendidikan

    Apr 27, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – Persoalan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar pendidikan di Kabupaten Berau belum memadahi, hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Syarifatul Syadiah saat dimintai keterangan. kamis 20 April 2024 lalu.

    Untuk itu, dirinya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lebih memperhatikan SDM sektor pendidikan saat ini, Sesuai dengan visi misi Bupati Berau yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

    “Harusnya ada peran aktif dari pemkab beserta instansi terkait untuk meningkatkan SDM, khususnya tenaga pengajar, dan kami di DPRD selalu mendorong Pemkab karena saya rasa peran seorang guru sangatlah penting,” ungkapnya.

    Selain kualitas tenaga pengajar yang masih dianggapnya kurang, Pemkab juga perlu memperhatikan kuantitas dari tenaga pengajar yang berada di daerah terpencil.

    “Kalau masih kurang, maka harus ditambah,” paparnya.

    Dirinya menilai, kemajuan pendidikan sangat bergantung pada tenaga pengajarnya. Hal tersebut berdasarkan pada kualifikasi dan sertifikasi para guru itu sendiri.

    Syarifatul berharap, kebijakan pemerintah dalam membelanjakan  anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD dapat memberikan manfaat bagi pendidikan yang ada di Bumi Batiwakkal.

    “Kami mendorong pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar lewat anggaran tersebut, juga memberikan kesempatan bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas dari S1 ke S2,” pungkasnya. (*IAH)