• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Sri Juniarsih Serakah Zakat Melalui Baznas

    Apr 15, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyerahkan zakat melalui Baznas Berau, Di Balai Mufakat pada hari Rabu 12 April 2023. Dan sekaligus mengajak masyarakat untuk segera membayar zakatnya. Karena selain kewajiban, zakat juga besar manfaatnya bagi yang lain.

    “Selain salat dan puasa, kewajiban sebagai umat muslim adalah membayar zakat, bukan hanya sebagai wujud ketakwaan kepada Allah, namun pula untuk membersihkan harta kita dari hak-hak orang lain yang terkandung di dalamnya. Sebagaimana perintah Allah dalam Alquran surat Al-Baqarah Ayat 43, yang artinya, “Dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat,” ucap Sri Juniarsih.

    Dijelaskannya, dalam ranah yang lebih luas, kewajiban menunaikan zakat merupakan aspek kepedulian sosial untuk membangun keserasian berkehidupan, guna untuk meningkatkan kualitas hidup saudara-saudara kita yang kekurangan.

    “Ketika seluruh umat Islam menyadari urgensi perintah zakat ini, maka pranata keagamaan khususnya pada perkara zakat akan menemukan hakikatnya yang paling utama, yaitu mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan, hingga terwujudnya mayarakat yang madani dan hidup penuh keberkahan, sebagaimana tema Gerakan Berau Berzakat tahun ini, yaitu: Berkah Berzakat,” paparnya.

    Dirinya berharap, dengan zakat yang memberikan dampak sangat positif khususnya bagi penerima manfaat, nantinya bisa disalurkan tepat sasaran. Dan pemerintah berkomitmen penuh dalam pengawasan pembayaran zakat ini, sehingga hasil yang diperoleh nantinya maksimal, dan dapat disalurkan kepada kaum-kaum mustahik.

    “Sri Juniarsih memberi apresiasi kepada Baznas yang telah mengelola zakat ini dengan optimal,” tutupnya.

    Berdasarkan laporan Ketua Baznas Berau, Busransyah, untuk pengelolaan dana Baznas penerimaan Zakat infaq dan shodaqoh tahun buku 2022, total sebesar Rp 8,3 miliar lebih.

    “Untuk penyalurannya sejumlah Rp 7,2 miliar lebih, yang disalurkan ke 5 program Baznas, yakni Rp 389 juta lebih untuk program Berau Cerdas, Rp 1,5 miliar lebih untuk program Berau Makmur, Rp 3,4 miliar lebih di program Berau Peduli, Rp 577 juta lebih di program Berau Sehat dan Rp 1,8 miliar lebih untuk program Berau Taqwa. Dimana penerimaan dan penyaluran ini telah dilakukan audit oleh kantor akuntan publik pusat dan meraih predikat WTP,” jelas Busransyah. (*IAH)