• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Siap Sukseskan Pemilu 2024, Bupati Hadiri Rakor Forkopimda Se Kaltim

    Feb 6, 2024

    BALIKPAPAN – Delapan hari menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Kalimantan Timur.

    Bupati Berau, Sri Juniarsih bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Berau, turut hadir dan mengikuti rakor yang berlangsung di Ballroom Novotel Balikpapan, Selasa (6/2/2024). Rakor dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik didampingi jajaran Forkopimda, yang juga menjadi narasumber rakor bersama Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kaltim.

    Pj Gubernur Kaltim dalam arahannya, mengajak seluruh kepala daerah bersama perangkatnya untuk terus meningkarkan komunikasi, koordinasi dan sinergi dalam kesiapan menghadapi pemilu yang akan berlangsung delapan hari kedepan. Menurutnya kerjasama ini merupakan kunci utama keberhasilan dalam penyelenggaraan maupun mengatasi permasalahan yang mungkin saja terjadi didaerah. “Kelancaran pemilu bukan hanya tanggaungjawab penyelenggara, KPU, Bawaslu dan DKPP, tetapi tanggungjawab semua dari pemerintah pusat sampai kedaerah,” ungkapnya.

    Tahapan pemilu terus berjalan dan secara umum di Kalimantan Timur dikatakan Akmal Malik dibawah koordinasi jajaran Polda Kaltim, Kodam VI/Mulawarman dan seluruh pihaknya berjalan dengan baik, sehingga kondisi Kaltim aman. Upaya untuk membangun persatuan dan kesatuan ditegaskannya harus dilakukan secara bersama sama. “Ini sejalan dengan permendagri nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini yang harus kita lakukan didaerah,” jelas Dirjen Otda Kemendagri ini.

    Akmal Malik bersyukur kedewasaan berdemokrasi, berpolitik di Kalimantan Timur relatif bagus dan tinggi. Warga Kaltim selama ini mampu membangun harmonisasi dengan baik. Kaltim tetap menjadi daerah yang kondusif dalam penyelenggara pemilu maupun pilkada. “Kehidupan berbangsa dan negara di Kalimantan Timur merupakan perwujudan Indonesia mini, yang menjadi syarat utama hingga Kaltim ini ditetapkan menjadi ibu kota nusantara,” tegasnya.

    Sementara itu Bupati, Sri Juniarsih Mas, usai mengikuti rakor, menegaskan Pemerintah Kabupaten Berau bersama seluruh unsur forkopimda beserta penyelenggara Pemilu dan pihak terkait terus berkoordinasi memastikan pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

    Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Berau sebagai warga negara yang baik untuk bisa menggunakan hak suaranya dengan sebaik baiknya. Tidak ada yang golput dan senantiasa menjaga kondusifitas didaerah. “mudah mudahan semua proses pemilu berjalan dengan lancar dan menghasilkan suara yang terbaik sesuai keinginan masyarakat dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat,” tandasnya. (RN/Prokopim)