• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Sempat Vakum, Pesta Budaya Meja Panjang Kembali Digelar

    Dec 28, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menghadiri sekaligus membuka Pesta Budaya Meja Panjang yang sempat vakum selama dua tahun dikarenakan pandemi Covid-19, acara tersebut berlangsung di Lapangan Bola Voli Kampung Merasa dan dimulai Kamis (28/12/2023) serta akan berakhir pada Sabtu (30/12/2023).

    Pada sambutannya, Sri menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini sebagai ajang pelestarian tradisi budaya sekaligus meningkatkan potensi wisata Kabupaten Berau.

    Dikatakannya, Kampung Merasa juga telah dinobatkan sebagai kampung wisata dan berhasil masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022.

    “Sehingganya, predikat dan penghargaan ini perlu kita pertahankan. Kita buktikan bahwasanya Kampung Merasa memang layak dikenal dan dikunjungi wisatawan sebagai destinasi wisata budaya yang luar biasa,” Ungkapnya.

    Dirinya menyebut hal ini penting sebab dapat sekaligus memantapkan posisi Kabupaten Berau sebagai mitra penyangga Ibukota Nusantara ke depannya.

    Pesta Budaya Meja Panjang Kampung Merasa juga telah menjadi salah satu agenda yang dijadwalkan dalam kalender wisata tahunan Pemkab Berau dan Pemprov Kaltim.

    Tentunya hal tersebut dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan, yang juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

    Pesta Budaya Meja Panjang Kampung Merasa ini juga turut dimeriahkan dengan pertunjukan tarian tradisional khas Dayak, sampe pertunjukan menyumpit dan berburu, alunan music sampe, lomba kesenian tradisional, parade pakaian adat Dayak, hingga festival kuliner dan jajanan tradisional.

    “Untuk itu, saya mengajak kepada kita semuanya, mari kita meriahkan dan semarakkan ajang kebudayaan ini,” Ucapnya.

    Dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang senantiasa merawat kekayaan budaya di kabupaten berau serta berkontribusi dalam memeriahkan acara tersebut.

    Disebutkannya pula Pemerintah Kabupaten Berau memiliki komitmen kuat dalam memajukan sektor pariwisata sebagai sektor andalan daerah melalui program peningkatan ekonomi masyarakat dengan pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

    “Besar harapan saya, destinasi wisata Berau, kelak tidak hanya berorientasi pada wisata alam bahari atau kekayaan alam bawah laut saja, tetapi juga wisata budaya yang masih dilestarikan dan menjadi ciri khas daerah tersebut, salah satunya Pesta Budaya Meja Panjang di Kampung Merasa ini,” Pungkasnya. (*MNH/ADV).