• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Sebanyak 65 Anggota PPK di Lantik, Ketua KPU Minta Junjung Tinggi Integritas

    May 16, 2024
    oppo_0

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Berau Periode 2024-2029, Kamis (15/5/2024).

    Bertempat di Ballroom Hotel SM Tower Convention, sebanyak 65 orang Anggota PPK dilantik sekaligus mengambil sumpah janji untuk bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

    Ketua KPU Kabupaten Berau, Budi Harianto mengucapkan selamat kepada para anggota PPK yang telah dilantik serta menghimbau Para PPK yang telah dilantik untuk segera berkoordinasi dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

    “Kawan-kawan PPK, setelah dilantik segera nanti berkoordinasi dengan unsur pemerintahan di kecamatan baik itu Camat Polsek, Koramil, Tokoh masyarakat, agar nanti bapak ibu sekalian bisa menjalankan tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Berau,” Ungkapnya.

    Koordinasi tersebut dimaksudkan sebab menurutnya, sebagai penyelenggara pihaknya tidak akan dapat melaksanakan pemilihan jika tidak di dukung sepenuhnya oleh Seluruh unsur yang ada di Kabupaten Berau.

    Selain itu disampaikannya, pada esok hari akan dilakukan tes tertulis untuk anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Berau.

    Sementara itu, terkait dengan Bimtek, nantinya akan dijadwalkan setelah selesainya tahapan perekrutan Anggota PPS.

    “Jadi tidak ada perbedaan, baik yang PPK lama maupun PPK baru, dalam menjalankan tahapan ini semua yang terpilih merupakan pilihan yang terbaik diantara orang-orang terbaik yang ikut terseleksi PPK kemarin,” Lanjutnya.

    oppo_0

    Dirinya juga meminta para anggota PPK untuk dapat menjalankan dan melaksanakan seluruh tahapan serta tugasnya secara integritas hingga selesai nantinya.

    Terdapat 11 poin yang tercantum dalam Fakta integritas yang merupakan janji-janji anggota PPK dalam menjalankan tugasnya dan nantinya akan ditandatangani oleh masing-masing anggota PPK yang telah dilantik.

    “Saya yakin jika kawan-kawan semua melaksanakan isi dari janji di dalam Fakta integritas itu, tidak akan ada orang yang akan protes kita, tidak akan ada PHPU nanti di akhir tahapan, tidak akan ada peserta yang akan memprotes kita, tidak akan ada orang yang mempermasalahkan kinerja kita,” Jelasnya.

    Oleh karenanya, Budi berharap agar para anggota PPK dapat mencetak dan menempel Fakta integritas dimasing-masing meja anggota PPK guna menyukseskan Pelaksanaan Pilkada hingga selesai.

    “Sekali lagi saya mengucapkan bergabung dan selamat menjalankan tugas sampai selesai,” Tambahnya.

    Budi juga menghimbau kepada para anggota PPK yang telah dilantik untuk menjunjung tinggi integritas sebagai penyelenggara serta memegang teguh asas Pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

    “Kita bukti kan kepada masyarakat bahwa kita nantinya akan melaksanakan semua tahapan tugas-tugas kita dengan integritas, fakta integritas kawan-kawan tanda tangani jadi pedoman landasan dalam menjalankan tugas sampai selesai nanti,” Pungkasnya. (*MNH)