• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Sebanyak 39 Panwascam Dilantik, Bawaslu Siap Tindak Tegas Jika Melanggar

    May 24, 2024
    oppo_0

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bertempat di Ballroom Hotel Bumi Segah, Sebanyak 39 Orang Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

    39 Anggota Panwascam tersebut berasal dari 13 kecamatan di Kabupaten Berau, nantinya setiap Kecamatan akan diisi oleh 3 orang anggota panwascam.

    Hal tersebut sesuai dengan Pasal 105 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Panwaslu kecamatan bertugas untuk mengawasi atau mengindentifikasikan potensi pelanggaran yang terjadi selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

    Pada sambutannya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Berau, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para Panwascam yang telah dilantik.

    “Yang telah dilantik pada hari ini adalah memang putra putri Kabupaten Berau yang benar benar diberikan amanah,” Ungkapnya. Jumat (24/05/2024).

    Selain itu, Bawaslu juga melakukan evaluasi mengenai Integritas netralitas serta profesional yang akan menjadi tanggung jawab para Panwascam dalam Pilkada Tahun 2024.

    Dirinya juga menghimbau agar para anggota Panwascam dapat senantiasa menjaga netralitasnya dan meminta jika ada anggota Panwascam yang tidak netral untuk segera dilaporkan.

    “Jika nantinya ada anggota Panwaslu Kecamatan yang tidak netral dan berpihak, segera laporkan. Kami siap mem-PAW,” Ujarnya.

    Ira juga meminta kepada Seluruh Perangkat Terkait agar dapat bersama dan bersinergi guna menyukseskan Pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 November yang akan datang.

    “Mari bersama kita bangun sinergi dan sukses kan Pilkada Tahun 2024 di Bumi Batiwakkal,” Tuturnya.

    Selain itu, Ira juga menyebut bahwasanya pelantikan Panwascam tersebut sebenarnya sudah terlambat, pasalnya Sebelum Terbentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Terlebih Dahulu harus terbentuk Panwascam.

    Oleh karena itu, dirinya meminta agar Anggota Panwascam dapat segera melakukan Koordinasi kepada seluruh perangkat terkait dalam persiapan Pilkada Tahun 2024.

    “Ini sudah terlambat, karena PPK sudah terbentuk, sedangkan kami baru terbentuk sekarang. Jadi kami minta untuk segera melakukan koordinasi dengan seluruh pihak,” Pungkasnya. (*MNH)