• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Sambangi Pabrik Pengolahan Kakao, Wakil Mentri Ketenagakerjaan RI Apresiasi Berau Coal

    May 29, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor beserta dengan rombongan sambangi Politeknik Sinar Mas Berau Coal sekaligus Pabrik Pengolahan Kakao “Berau Cacao”, Selasa (28/5/2024).

    Ditemui usai kunjungannya, Afriansyah Noor menyebut Kabupaten Berau merupakan Daerah dangan kekayaan dan Sumber Daya Alam yang luar biasa, Tak hanya pada sektor pertambangan yakni batu bara, namun dirinya juga melihat potensi besar pada Sektor Perkebunan yakni pengolahan Kakao.

    “Kami melihat betapa pentingnya pengembangan industri ini, khususnya dalam konteks kesetaraan dengan industri sawit,” Ungkapnya.

    Selain itu, disampaikannya bahwasanya pengolahan kakao bukan hanya soal produksi, namun juga tentang inovasi serta pemasaran, sebab dirinya meyakini, kakao dapat menjadi produk beragam yang bisa bersaing secara global.

    Ia juga mendorong Pemerintah Kabupaten Berau untuk dapat meningkatkan produksi kakao secara keseluruhan, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat di Bumi Batiwakkal.

    “Kami berkomitmen untuk mendukung usaha-usaha lokal, sehingga perkebunan kakao dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Berau,” Tuturnya.

    Pada Kesempatan tersebut, Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Berau Coal atas inisiatifnya untuk memajukan industri lokal dengan membangun pabrik pengolahan kakao untuk Kabupaten Berau.

    “Inisiatif seperti ini adalah contoh nyata bagaimana sektor swasta dapat berperan dalam memajukan industri lokal dan menciptakan lapangan kerja,” Jelasnya.

    Dikatakannya pula, Kunjungan tersebut akan menjadi titik awal kerjasama antar pemerintah, sektor swasta dan masyarakat guna bersinergi untuk mengembangkan industri pada sektor perkebunan kakao di Kabupaten Berau.

    “Dengan menanam pohon kakao ini juga merupakan langkah yang sangat baik sebagai upaya untuk kembali menghijaukan dan memperbaiki lingkungan, berkesinambungan Berau coal ini harus kita dukung,” Pungkasnya. (*MNH)