• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Saga Apresiasi Upaya Percepatan Jembatan Sambaliung

    Jun 23, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga memberi apresiasi terhadap upaya percepatan penyelesaian perbaikan Jembatan Sambaliung oleh pihak kontraktor, Pada Rabu (21/6/2023).

    Menurut informasi dari pihak pelaksana pengerjaan, progres pada 15 Juni 2023 menunjukkan rencana telah mencapai 9,65 persen, realisasi 13,15 persen dan deviasi + 3,50 persen.

    Upaya percepatan terus juga dilakukan pihak kontraktor agar arus lalu lintas dapat benrjalan normal kembali.

    “Kita apresiasi kinerja pihak pelaksana pengerjaan Jembatan Sambaliung itu agar arus lalu lintas kembali normal, apalagi jembatan tersebut merupakan penghubung satu-satunya Tanjung Redeb dengan Sambaliung,” ujarnya.

    Proses pengerjaan jembatan Sambaling pada 18 Juni lalu telah mencapai pada proses pembobokan lantai 1,60 meter, pemasangan stringer 1,60 meter, pemasangan plat bondek 1,60 meter, instal besi tulangan 1,60 meter dan penggantian elastometer 1 meter.

    “Selebihnya informasi dari pihak kontraktor, pembobokan bentang 2,60 meter, pemancangan perkuatan pilar 2 serta pengecatan rangka jembatan masih dalan pengerjaan,” ungkapnya.

    Dikatakannya, pihak pelaksana jadwal pengecoran lantai bentang 1 sudah berlangsung sejak 20 Juni lalu.

    “Progres pengerjaan ini sudah sangat baik, saya harap perbaikan Jembatan Sambaliung bisa lebih cepat selesai dengan hasil maksimal dan sesuai perencanaan,” katanya.

    Upaya percepatan pihak kontraktor dilakukan pada metode kerja pembobokan dan erection strenger, semula pembobokan dikerjakan 1 bentang dilanjutkan erection stringer.

    “Pihak pelaksana juga menyampaikan bahwa dalam percepatan dikerjakan pembobokan 3 segmen 15 meter sisi kiri, diikuti erection stringer, setelah itu, pembobokan dilanjutkan 3 segmen 15 meter satu sisi kanan dan diikuti erection stinger, begitu seterusnya,” jelasnya.

    Dirinya juga berpesan pada pihak kontraktor agar melakukan pengerjaan sesuai dengan kondisi di lapangan serta tidak mengganggu para pekerja.

    “Apalagi pihak kontraktor menambahkan jam kerja dan ada penambahan tenaga kerja yang disesuaikan dengan area kerja di jembatan. Ini saya kira merupakan suatu hal yang baik,” lanjutnya.

    Disebutkannya bahwa kesepakatan dengan pihak pelaksana setelah selesai pengecoran ke tiga bentang diupayakan usia beton ke 21 hari, Jembatan Sambaliung akan dibuka sementara khusus untuk kendaraan roda dua.

    “Itu merupakan keputusan yang baik dari pihak pelaksana, pada intinya kita semua berharap pengerjaan Jembatan Sambaliung dapat selesai dengan cepat dan hasil pengerjaan dapat maksimal,” tuturnya.