• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVIII, Bupati Tekankan Pentingnya Otonomi Daerah

    Apr 25, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024. Yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Berau, Kamis (25/04/2024).

    Upacara peringatan tersebut diselenggarakan dengan mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

    Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutannya dirinya menekankan betapa pentingnya Otonomi Daerah sebagai instrumen guna mencapai tujuan kesejahteraan serta demokrasi.

    Disebutkannya, fokus pada ekonomi hijau dengan memanfaatkan potensi daerah seperti pertanian, kelautan, dan pariwisata merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia menuju visi 2045.

    Selain itu, Sri juga menyinggung terkait dengan kebijakan desentralisasi yang memberikan kesempatan bagi pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan.

    “Bahwa otonomi daerah telah memberikan dampak positif, seperti peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta kemampuan fiskal daerah,” Ungkapnya.

    Sri turut mengajak daerah otonom baru yang berhasil meningkatkan PAD serta Kemampuan Fiskalnya guna mengoptimalkan program pembangunan yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Dirinya juga menghimbau kepada daerah yang masih menghadapi tantangan untuk terus melakukan evaluasi serta mengembangkan potensi danvjuga terus berinovasi demi kemajuan daerah tanpa mengabaikan hukum dan kepentingan rakyat.

    “Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat semangat kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Berau,” Pungkasnya. (*MNH)