• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Pimpin RUPS PT IPB, Wabup Nilai Kinerja Perusda Baik

    Jun 28, 2023

    BERAUSATU.ID, JAKARTA – Wakil Bupati Berau, Gamalis, menghadiri dan memimpin rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Indo Pusaka Berau (IPB) di Jakarta, Selasa (27/6/2023). Rapat yang diikuti seluruh pemegang saham ini guna mendengarkan laporan perhitungan tahunan 2022 dari manajemen perusahaan pengelola pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lati di Kabupaten Berau.

    Sebagai perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Berau, selaku pemegang saham mayoritas, Wabup Gamalis memberikan apresiasi kepada perusahaan umum daerah (perusda) jajaran manajemen PT IPB yang telah menunjukkan kinerja baik. Hal itu ditunjukkan atas pencapaian laba tahun 2022 yang melampaui target dari rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP). “Sebagai perwakilan Pemkab Berau, saya menyampaikan apresiasi kepada Direksi Perusahaan atas pencapaian laba tahun 2022 IPB yang melampau RKAP 2022 4,1 persen,” ungkap Gamalis, usai mengikuti pertemuan.

    Berdasarkan laporan yang disampaikan, pencapaian ini sejalan dengan peningkatan Produksi Listrik PLTU Lati dari 141,47 GWh tahun 2021 menjadi 141,72 GWh atau naik 0,2%.
    Pada tahun 2022 juga ditandai dengan peningkatan keandalan pembangkit PLTU Lati dimana EAF tahun 2022 mencapai 92,12% atau 2% diatas target 2022. “Juga pencapaian supply energi tertinggi dalam 5 tahun terakhir yaitu 77,04%,” ucapnya.

    Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Kaltim ini, berharap kedepannya PT. IPB dapat menjalin kerjasama dengan pemasok batubara lain, selain pemasok utama PT Berau Coal dan agar diupayakan efisiensi untuk pencapaian laba perusahaan bisa lebih meningkat lagi yang muaranya akan meningkatkan deviden untuk pemegang sahamnya. “Direksi PT IPB bisa menggandeng beberapa pemasok batubara sebagai bahan baku utama PLTU dan tentu dengan tujun efesiensi,” tandasnya. (RN/Prokopim/adv)