• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Perumda Air Minum Batiwakkal Targetkan 2024 Realisasi Air Bersih Kecamatan Pulau Derawan

    Mar 9, 2023

    BERAUSATU.ID, PULAU DERAWAN- Masayarakat Kecamatan Pulau Derawan hingga saat ini belum dapat menikmati pelayanan air bersih secara maksimal, pasalnya belom ada program melalui Perumda Air Minum Batiwakkal.

    Syamsudin, Camat Pulau Derawan, mengungkapkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sebagian besar masyarakat hanya mengandalkan sumur bor dan air hujan.”Sehingga pengadaan pelayanan air bersih di tempat kami bisa menjadi prioritas,” ujarnya saat dimintai keteranganBatumbuk, Senin, 6/3/2023.

    Dijelaskannya adapun rencana pemasangan jaringan pipa, nantinya akan dipasang mulai dari Merancang menuju Kasai, kemudian lanjut ke Semanting, Tanjung Batu, dan Pulau Batumbuk.

    “Semoga rencana ini dapat terealisasikan sebelum masa bakti Bupati berau ini selesai, ” harapnya.

    Menanggapi hal tersebut, Dirut Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman saat dimintai keterangan menyebut bahwa masalah air bersih di wilayah tersebut sedang dalam proses penanganan.

    “Bahkan, pembangunan instalasi pengelolaan air bersih di wilayah itu pun sudah ada dalam rencana induk SPAM di DPUPR Kabupaten Berau,” jelasnya.

    Sesuai rencana, pada tahun ini, akan dikucurkan anggaran dari Kementerian PUPR untuk membangun intake, reservoir, serta jaringan pipa.

    “Resorvoir sudah ada di kementerian. Sudah lelang. Kami tinggal support untuk dokumen lingkungan dan pengadaan lahan, ” paparnya.

    Dirinya menyebut, secara khusus, untuk pembangunan intake dan reservoir, ini sudah disiapkan lahan kurang dari satu hektare di wilayah Merancang dan Melati Jaya.

    “Kendati anggaran dan kawasan pembangunan sudah disiapkan, anggaran masih juga terbatas. Anggaran yang dikucurkan oleh kementerian hanya difokuskan untuk produksi air, ” jelasnya.

    Terkait distribusi, ini yang rencana akan dianggarkan oleh DPUPR Berau atau dari provinsi. “Kalau dari provinsi harapan kita nanti bisa Rp 63 miliar, ” debutnya.

    Anggaran tersebut pihaknya akan menghubungkannya untuk menghubungkan pipa dari Merancang sampai Tanjung Batu. “Jika segala proses berjalan lancar, kami menargetkan pada akhir tahun 2024, masyarakat Kecamatan Pulau Derawan sudah bisa menikmati air dari Perumda Air Minum Batiwakkal, ” pungkasnya.