• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Perumda Air Minum Batiwakkal Berau Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban

    Apr 1, 2024

    BERAUSATU.ID, Perumda Air Minum Batiwakkal Berau gelar Rapat KPM dengan Agenda Pertanggungjawaban Direktur dalam Pengelolaan Perumda Batiwakkal Tahun 2023.

    Pada rapat tersebut, Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Saipul Rahman memaparkan beberapa hal berkaitan dengan capaian yang diraih oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau pada tahun 2023 lalu.

    Capaian yang di peroleh oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau pada tahun 2023 lalu antara lain ialah peningkatan pendapatan pada tahun 2023 menjadi Rp 75,4 miliar yang sebelumnya pada 2022 hanya Rp71,5 miliar.

    Perumda Air Minum Batiwakkal Berau juga Berhasil meningkatkan laba menjadi Rp5,27 miliar pada 2023 yang sebelumnya hanya Rp1,31 miliar pada 2022 lalu.

    Peningkatan laba tersebut dapat diraih oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau meskipun tidak melakukan perubahan tarif sejak tahun 2011.

    Selain itu, Hasil audit mandiri yang dilakukan oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau sesuai indikator Kementerian PUPR mencapai 4,13.

    Hasil tersebut akan di evaluasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Timur pada bulan April 2024, Berdasarkan publikasi Kementerian PUPR yang merupakan hasil Evaluasi Kinerja oleh BPKP pada Tahun 2022, Perumda Air Minum Batiwakkal Berau mencapai nilai 3,795.

    Dirinya juga melaporkan kepada Kuasa Pemilik Modal (KPM) bahwasanya pada tahun 2023 lalu, pihaknya juga berhasil mendapatkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik peringkat kedua dengan predikat Informatif setelah Bank Kaltimtara.

    Disampaikan pula hasil Survei Kepuasan Pelanggan yang dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB pihaknya meraih nilai 73 dengan predikat “Baik”.

    Berdasarkan hasil survei tersebut, sekitar 85 persen Pelanggan Perumda Air Minum Batiwakkal Berau puas bahkan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau.

    Kendati demikian, Target penambahan Sambungan Baru masih belum terpenuhi, sebab kurangnya jaringan pipa distribusi Perumda Air Minum Batiwakkal Berau.

    Pada tahun 2023 lalu masih ada sekitar 1.800 calon pelanggan masih belum dapat dilayani, Perumda Air Minum Batiwakkal Berau pada tahun 2023 lalu hanya mampu memenuhi 3.014 Sambungan Rumah (SR) dari 4.000 SR yang ditargetkan.

    Berdasarkan pencapaian-pencapaian yang telah dicapai oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas sebagai KPM bersama dengan Mustakim Suharjana sebagai Dewan Pengawas menerima pertanggungjawaban Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau dalam mengelola Perusahaan.

    Sri juga meminta Perumda Air Minum Batiwakkal Berau agar dapat terus menguatkan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna memperluas cakupan layanan.

    Selain itu, Sri juga meminta Perumda Air Minum Batiwakkal Berau dapat mempertahankan capainnya serta terus berbenah agar dapat melayani masyarakat dengan sebaik baiknya.

    “Ini penting karena air minum merupakan layanan dasar bagi masyarakat,” Pungkas Sri. (*MNH)