• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Perumda Air Minum Batiwakkal Berau Akan Membangun di Kampung Long Ayan

    Mar 1, 2024

    BERAUSATU.ID, SEGAH- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Kecamatan Segah digelar dan berlangsung di Pendepo Kecamatan Segah, Kamis (29/02/2024).

    Pada Musrenbang Kecamatan Segah Tersebut salah Kepala Kampung Long Ayan, Hardiansyah menyampaikan usulan terkait dengan pengadaan air bersih untukmasyarakat di Kampung Long Ayan.

    Dikatakannya, tidak semua warga di Kampung Long Ayan dapat merasakan air bersih, sebab meskipun trlah mendapatkan air, air tersebut bukanlah air bersih dikarenakan diambil langsung dari air sungai tanpa melalui proses pengolahan.

    “Di Kampung kami ada sekitar 200 rumah lebih, tapi bary sekitar 86 rumah yang mendapatkan air dan airnya pun bukan air bersih, melainkan air yang diambil langsung dari sungau tanpa melalui pengolahan,” Ungkapnya.

    Menanggapi hal tersebut, Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Saipul Rahman mengatakan bahwasanya kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih sudah sangat tinggi.

    “Sehingga hal ini bisa menjadi satu peluang tersendiri. Karena kalau kita gak anggap penting, maka gak akan ada turun anggaran ke sana,” Lanjutnya.

    Dijelaskannya pula, Tahun ini Perumda Air Minum Batiwakkal Berau akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kampung Long Ayan dengan aggaranyang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebesar Rp 4,5 Miliar.

    Proyek pembangunan tersebut akan mecakup segala aspek, dimulai dari pembangunan Jaringan Pipa, Instalasi Pengolahan Air (IPA), serta Sambungan ke setiap rumah yang ada di Kampung Long Ayan.

    “Nantinya akan kami serahkan ke pihak kampung untuk mengelola, apakah nantinya mau di kelola oleh BUMDes ataupun jika nantinya mau di kelola oleh kami PDAM, insyaallah kami siap,” Pungkasnya. (*MNH/ADV)