• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Perbaikan Jembatan Sambaliung, Bupati Sebut Kini Ada Titik Terangnya

    May 22, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – Rencana perbaikan jembatan Sambaliung yang menjadi jalur pusat perputaran ekonomi penghubung utama menuju daerah pesisir di Kabupaten Berau,hingga kini masih terus berlanjut.

    Mengenai prihal tersebut, Bupati Berau, Sri Juniarsih yang menyampaikan terkait perkembangan pembangunan jembatan yang menghubungkan beberapa kecamatan tersebut.

    “Sebagai penghubung utama antara pusat pemerintahan Kabupaten Berau dengan wilayah yang lainnya termasuk pesisir, kabar perbaikan yang sebenarnya sudah terdengar dari pertengahan tahun lalu dan Alhamdulilah telah mendapatkan titik terangnya,” ungkapnya Jumat 19 Mei 2023.

    Lebih lanjutnya, dirinya menjelaskan terkait proses perbaikan jembatan Sambaliung telah menemukan titik terang dan telah mendapatkan hasil koordinasi SKPD terkait dengan Dinas PUPR Provinsi.

    “Hasil koordinasi SKPD terkait dengan Dinas PUPR Provinsi bahwa direncanakan penutupan jembatan Sambaliung pada tanggal 1 Juni 2023 dengan alternatif penyeberangan berupa 2 unit kapal LCT yang akan mengangkut kendaraan roda 4 dan 2 unit kapal kayu yang akan menyeberangkan orang dan kendaraan roda 2,” jelasnya.

    Dikatakannya, jembatan Sambaliung akan ditutup selama 4 bulan dan Dinas PUPR Provinsi meyakinkan bahwa perbaikan akan dilaksanakan sesuai jadwal.

    “Diperkirakan jembatan Sambaliung akan ditutup selama beberapa 4 bulan sejak 1 Juni hingga 30 September 2023,” ujarnya.

    “Dinas PUPR Provinsi meyakinkan bahwa proses perbaikan akan dilaksanakan sesuai jadwal dan alternatif penyeberangan telah siap digunakan. Untuk memastikan kesiapan tersebut, secara khusus saya akan melakukan pemeriksaan ke tiap dermaga sebelum penutupan Jembatan dilakukan,” tambahnya.

    Sedangkan dermaga juga dilakukan proses penyempurnaan agar nantinya langsung dapat digunakan masyarakat.

    “Dermaga jetty di sisi Tanjung Redeb dan sisi Sambaliung baik untuk penyeberangan roda 4 dan penyeberangan roda 2 pun sedang dalam proses penyempurnaan. Sehingga pada 1 Juni nanti sudah dapat digunakan masyarakat. Alat pancang dan material berupa rangka tambahan stringer jembatan pun telah tiba berada di lokasi,” pungkasnya. (IAH)