• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Pemkab Berau Serahkan Bansos Untuk 300 Anak Yatim-Piatu dan 800 Orang Lansia di Kabupaten Berau

    Jul 11, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau serahkan bantuan sosial untuk anak Yatim-piatu dan Lansia, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kelurahan Kampung Bugis, Kamis (11/07/2024).

    Bantuan sosial tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas kepada lurah dan camat di empat Kecamatan di Kabupaten Berau.

    Bantuan sosial tersebut merupakan salah satu program kerja yang menjadi program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Berau, yakni program nomor 12 tentang bantuan langsung tunai bagi fakir miskin, yatim piatu, dan orang tua jompo terlantar.

    Selain itu, Program tersebut juga sejalan dengan SK Bupati Nomor 421 dan 422 Tahun 2024 tanggal 27 Juni 2024 yang menetapkan penerima bantuan sosial bagi anak yatim piatu, lanjut usia, miskin, atau terlantar.

    Bantuan sosial tersebut diberikan kepada seluruh kelurahan dan kampung yang ada di Kabupaten Berau, sedangkan untuk kampung menggunakan Alokasi Dana Kampung (ADK) Yang disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Berau.

    Sebanyak 300 anak yatim-piatu dan 800 lanjut usia yang menjadi penerima Bantuan sosial tersebut tersebar di 10 Kelurahan di Kabupaten Berau yakni Kelurahan Tanjung Redeb, Kelurahan Bugis, Kelurahan Gayam, Kelurahan Karang Ambun, Kelurahan Gunung Panjang, Kelurahan Bedungun, Kelurahan Teluk Bayur, Kelurahan Rinding, Kelurahan Sambaliung dan Kelurahan Gunung Tabur.

    Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Berau, Iswahyudi untuk memudahkan penyaluran bantuan sosial tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Bank Kaltimtara Cabang Tanjung Redeb guna menyalurkan bantuan tersebut melalui rekening Bank.

    “Bantuan untuk lansia dari Januari hingga Mei sebesar Rp250.000 per bulan, dan mulai Juni hingga Desember sebesar Rp500.000 per bulan. Hari ini kita salurkan bantuan untuk periode Januari hingga Juni, di mana lansia menerima Rp1.750.000 dan anak yatim piatu menerima Rp3.000.000.” Jelasnya.

    Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan Program tersebut merupakan wujud kepedulian Pemkab Berau terhadap masyarakat yang rentan, yakni para lansia dan yatim piatu yang kurang mampu.

    “Bantuan ini disalurkan langsung kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Bugis secara simbolis kepada para lurah untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat,” Ujarnya.

    Dirinya menyampaikan, Bantuan Untuk kelurahan Bugis sendiri diberikan kepada 40 Anak yatim-piatu dan 85 orang lansia, dengan total bantuan hingga Rp 268.750.000, yang merupakan bantuan nom tunai dan dapat dicairkan di Bank Kaltimtara.

    Sri juga meminta Dinsos Kebupaten Berau melakukan pembaharuan dan pemutakhiran data serta memberikan pendampingan pemberdayaan kepada masyarakat.selain itu juga menjalani kerja sama antara kecamatan, kelurahan, dan RT sangat penting untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

    “Harapan kami, bantuan sosial ini dapat meringankan beban bapak ibu dan anak-anak sekalian, serta bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Ini adalah bentuk perhatian kami untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Berau,” Pungkasnya. (*MNH)