• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Pembangunan Waterbased di Kabupaten Berau Didukung Penuh Oleh Pemerintah Pusat

    Dec 12, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Pemerintah Pusat Mendukung Rencana Pembangunan Bandara Perairan atau Waterbased serta Pesawat amfibi atau Seeplane yang akan Hadir di Kabupaten Berau.

    Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Puslitbang Transportasi Udara Kementerian Perhubungan, Capt Novyanto Widada, dikatakannya Bandara Perairan atau Waterbased di Indonesia masih bersifat privat atau dimiliki oleh sekelompok.

    Dijelaskannya, untuk Bandara Perairan yang bersifat umum masih belum ada di Indonesia, Maka dari itu Pihak Kementerian Perhubungan selalu mendorong peluang-peluang yang ada untuk daerah membuat bandara perairan yang sifatnya umum.

    “Baik dengan pola kerjasama maupun kemandirian, artinya dalam hal ini KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha),” Ungkapnya. Selasa (12/12/2023)

    Dirinya mengatakan Pemerintah Pusat siap memberikan pendampingan terkait dengan perizinan maupun analisis kemanfaatan dan pola operasi Bandara Umum Perairan.

    Disebutkannya ada beberapa daerah yang juga ingin merealisasikan hal ini, salah satunya bali, namun jika Kabupaten Berau dapat merealisasikan hal tersebut, maka Kabupaten Berau akan menjadi daerah pertama yang memiliki Bandara Umum Perairan.

    “Saya sudah memberikan gambaran cost benefit dan analisisnya, Bagaimana Pengoperasian, Bagaimana mempersiapkan SDM, dan bagaimana pola-pola pengoperasiannya,” Ujarnya.

    Dengan dibangunnya Bandara Umum Perairan atau Waterbased di Kabupaten Berau, Diharapkannya akan ada nilai tambah bagi Perekonomian di Kabupaten Berau.

    Dirinya juga berpesan untuk bersiap menyambut Ibukota Nusantara (IKN) di tahun 2024 yang akan datang.

    “Ada 150.000 ASN yang sabtu dan Minggu itu akan mencari tempat wisata, salah satunya Berau Ini harus mempersiapkan diri,” Pungkasnya. (*MNH)