• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Mewakili Bupati Berau, Sekda Membuka Kegiatan Jambore Kader Posyandu

    Oct 30, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten Berau terus berupaya meningkatkan
    motivasi dan prestasi kader Posyandu dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyaraka. Salah satunya dengan Jambore Kader Posyandu di Lingkungan UPT. Puskesmas Kampung Bugis yang berlangsung di Ruang RPJPD Bapelitbang, Pada Senin (30/10/2023).

    Bupati Berau yang diwakili oleh Sekda, Muhammad Said pada sambutannya mengatakan kader Posyandu adalah ujung tombak pelaksana program kesehatan di akar rumput.

    “Untuk itu, sudah semestinya, para kader diberikan pembekalan dan pemahaman, salah satunya melalui ajang jambore ini,” Lanjutnya.

    Dikatakannya Jambore tersebut juga bertujuan untuk memperkuat jalinan kerja sama dan kekompakan antar kader Posyandu, sekaligus wadah bertukar informasi mengenai perkembangan kekinian.

    Diharapkannya ke depan, Posyandu dapat bertransformasi dan memberikan layanan kesehatan secara profesional. Apalagi, saat ini kita tengah dihadapkan dengan fenomena kasus stunting.

    “Yang mana di Kabupaten Berau angka prevalensi stunting saat ini sebesar 21,6 persen. Dan pada tahun 2024 kita targetkan turun setidaknya menjadi 17,4 persen, sebagaimana target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat,” Jelasnya.

    Oleh karena itu, Disebutkannya upaya-upaya intervensi spesifik, sensitif, dan pencegahan juga harus terus dilakukan secara berkelanjutan, seperti program nasional Aksi Bergizi, Pemberian Tablet Tambah Darah, termasuk pengamatan tumbuh kembang bayi dan balita serta program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dilaksanakan oleh Posyandu.

    Dirinya juga mendorong perangkat Dinas Kesehatan, UPT Puskesmas, Kader Posyandu dan seluruh perangkat terkait untuk bersama-sama memajukan dan meningkatkan kontribusi Posyandu.

    “Saya yakin, ketika kita bekerja maksimal dan mampu bekerja sama, cita-cita kita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur, akan terwujud,” Ungkapnya.

    Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh kader Posyandu yang ada di Kabupaten Berau atas kerja keras dan kontribusi dalam melaksanakan kegiatan dan program kesehatan.

    “Semoga ibu-ibu semua senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan dalam melaksanakan tugas. Besar harapan saya, Posyandu kita bisa berprestasi, seiring kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi,” Pungkasnya. (*MNH/ADV)