• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Marak Kasus Pencurian Air, Perumda Air Minum Batiwakkal Berau Lakukan Penertiban Water Meter

    Feb 2, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Non Revenue Water (NRW) merupakan istilah yang digunakan untuk jumlah kehilangan air atau tidak menghasilkan pendapatan untuk perusahaan dalam proses pendistribusian air.

    Tingginya angka kehilangan air tersebut menjadi salah satu permasalahan yang tengah dihadapi oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau saat ini

    Tingginya angka kehilangan air atau NRW tersebut disabkan bebrapa faktor salah satunya yakni kasus pencurian air (by pass) sebelum Water Meter.

    Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, Saipul Rahman menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat terkait dengan pentingnya air masih minim

    Hal tersebut terbukti dengan angka tunggakan pelanggan yang terbilang masih cukup tinggi, selain itu dilapangan kerap kali masih didapati adanya oknum pelanggan “nakal” yang mengambil air tidak melalui meter air. 

    Saipul mengatakan bahwa pihak Perumda Air Minum Batiwakkal Berau akan mengambil tindakan tegas untuk menghadapi oknum-oknum tersebut.

    “Pelanggan yang diketahui langsung kita segel, dikenakan denda dan jika menolak dapat dilaporkan ke pihak berwajib,” Ungkapnya.

    “Kami sangat berharap kolaborasi positif masyarakat untuk sama-sama membesarkan PDAM, karena kalau PDAM sehat, pelayanannya juga akan makin baik ke masyarakat,” Tutupnya.