• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Makin Efisien, Transakasi Non Tunai Bakal Merambah ke Kecamatan dan Kampung

    Sep 23, 2022

    Sosialisasi dan implementasi aplikasi transaksi keuangan pemerintah Desa (ATKPD) yang terintegrasi dengan sistem Keuangan Desa (Siskaudes) Online Berbasis Cloud dilaksanakan di Balai Mufakat, Selasa 20 September 2022.

    Turut hadir Asisten II Setkab Berau Agus Wahyudi, Asisten III, Tentram rahayu, Kepala BPKAD Sapransyah hingga beberapa camat dan kepala Kampung.

    Dalam sambutannya, Asisten I Setkab Berau Agus Wahyudi mengatakan sosialisasi ini sangat penting, mengingat hal ini terintegrasu dengan program pemerintah untuk pemasangan WiFi di seribu titik. Dengan yang sudah berjalan sekitar 350 titik di wilayah Kabupaten Berau.

    “Dengan adanya sebaran wifi gratis ini, akan memudahkan masyarakat untuk mengakses internet ini dengan berbagai kemudahan bertransaksi misalnya,” katanya.

    Wahyudi juga menjelaskan, kemajuan teknologi tidak bisa dihindarkan, maka kedepannya transaksi non tunai ini akan menjadi familar untuk semua lapisan masyarakat.

    Dengan adanya transaksi non tunai ini akan mempermudah segala sesuatunya, apalagi dengan ditunjang dengan sisi keamanannya.

    “Kita harus sadari aparatur atau masyarakat sering bertransaksi menggunakan uang cash dan itu sangat beresiko, apa lagi pada tempat Keramaian seperti tempat wisata,” ungkapnya.

    Yeti, Pimpinan Divisi Teknologi dan Informasi Bankaltimtara menjelaskan program sosialisasi dan implementasi adalah lanjutan dari program elektronisasi Pemerintah di lingkup OPD. Sehingga pihaknya berharap transaksi non tunai melalui elektronisasi dan digitalisasi ini akan berjalan dari lingkup OPD dan diturunkan ke Pemerintahan Desa.

    “Kami berharap agar pengimplementasian dan pelaksanaan Siskedes ini datanya bisa di akses sampai ke Mendagri,” jelasnya.

    Dirinya menambahkan jika Mendagri ingin melihat laporan pengelolaan keuangan desa mereka bisa melihat langsung di aplikasi Siskedes desa yang telah masuk ke sistem,” pungkasnya.