• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Launching Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah, Bupati Berharap Dapat Kurangi Pengeluaran Masyarakat

    Jan 31, 2024

    BERAUSATU.ID, TELUK BAYUR- Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi sebgai sumber energi untuk mempertahankan hidup. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Berau melaunching Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah sebagai wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah kepada masyarakat dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan.

    Kegiatan Launching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CPP) Tahun 2024 tersebut dilakukan di Pendopo Kecamatan Teluk Bayur, Selasa (30/01/2024).

    Pada sambutannya, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Pangan sehingga dapat dilaunching Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah.

    Dikatakannya, Pemerintah Pusat maupun Daerah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah, dengan tujuan agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya.

    “Bantuan yang disalurkan ini menjadi wujud kepedulian dan ikhtiar Pemerintah untuk terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Berau,” Ujarnya.

    Diharapkannya dengan adanya bantuan tersebut dapat mengurangi pengeluaran masyarakat penerima bantuan dan juga dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran.

    Bantuan tersebut juga sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen.

    Dirinya juga menyebut Penerima Bantuan Pangan tersebut ditetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional berdasarkan hasil rapat koordinasi Tingkat menteri/kepala lembaga. 

    Dijelaskannya, Masing-masing warga penerima manfaat menerima 10 kilogram beras yang didatangkan dari Perum Bulog Kabupaten Berau dengan total penerima 5.659 keluarga penerima manfaat, terbagi di 13 kecamatan yang ada dan disalurkan melalui PT POS.

    “Semoga bantuan yang disalurkan ini bisa meringankan beban masyarakat dan tepat sasaran,” Pungkas Sri. (*MNH/ADV)