• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Launching Inovasi Simpelin Saja, Bupati Berharap Dapat Membantu Masyarakat Kampung

    Aug 25, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menghadiri launching Inovasi Simpelin Saja (Sistem Pelayanan & Informasi di Desa Tanpa Jarak) BPJS Kesehatan Kabupaten Berau, Pada Jum’at (25/08/2023).

    Atas nama Pemerintah Kabupaten Berau, Sri menyambut baik atas adanya gagasan dan peluncuran Inovasi Simpelin aja Oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Berau.

    Inovasi tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat karena dioperasikan dan diakses secara online, Sehingga sistem digital ini memungkinkan kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para Peserta BPJS Kesehatan.

    Dikatakannya pula hal tersebut sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Berau, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi.

    “Kami menyadari, teknologi kini menjadi sesuatu yang menjadi keharusan. Apalagi, teknologi menjanjikan efisiensi dan efektivitas kerja, yang mungkin selama ini terkendala jarak dan waktu,” Ungkapnya.

    Untuk itu, Dirinya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan beserta Tim Kepesertaan BPJS Cabang Balikpapan.

    Menurutnya, inovasi ini merupakan wujud konsistensi dan keseriusan dari BPJS Kesehatan dalam upaya peningkatan layanan dan derajat kesehatan masyarakat.

    “Mengingat, jumlah penduduk Kabupaten Berau kini mencapai 272,887 jiwa dan tersebar di 13 kecamatan,” Lanjutnya.

    Diharapkan dengan adanya inovasi tersebut dapat mendekatkan layanan kepada masyarakat dan kedepan masyarakat dari kampung yang letaknya jauh dari Tanjung Redeb tetap bisa mendapatkan layanan BPJS secara maksimal.

    Sri juga berharap hasil uji coba inovasi di Tanjung Batu dapat dijalankan dan diterapkan di wilayah lainnya serta ditingkatkan pemanfaatannya ke depan.

    “Adanya layanan ini pun saya harapkan akan semakin meningkatkan citra BPJS Kesehatan, yang selaras dengan meningkatnya kepercayaan dan kepuasan masyarakat Kabupaten Berau,” Ujarnya.

    Dirinya juga berpesan agar sumber daya manusia selaku pelaksana inovasi ini dipastikan benar-benar siap dan memahami teknis aplikasi, dan sebisa mungkin mencegah terjadinya praktik pungli dalam bentuk apa pun.

    Dikatakannya, Semoga dengan diluncurkannya inovasi Simpelin Saja ini, jalinan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Berau dengan BPJS Kesehatan dapat terus terjalin sinergis.

    “Sebab, sebagai pelayan masyarakat, sudah semestinya kita mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan pada akhirnya, mampu merumuskan solusi dan kebijakan tepat sasaran dalam rangka peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat inovasi ini dapat terus konsisten digunakan,” Pungkasnya (*MNH/ADV)