• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Langkah Proaktif Tangani Stunting: PT Berau Coal Gelar Pelatihan Bagi Kader Posyandu

    Aug 9, 2023

    BERAUSATU.ID, SEGAH – PT Berau Coal, sebuah perusahaan yang beroperasi di wilayah Kampung Bukit Makmur, Segah, telah mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah tersebut, dengan fokus pada penanganan stunting. Acara ini berlangsung pada Senin (7/8) dan menandai langkah penting dalam mendukung upaya percepatan penurunan angka stunting di kawasan tersebut.

    Dalam pelatihan tersebut, PT Berau Coal bersama Puskesmas Bukit Makmur memberikan beberapa pemaparan materi diantaranya, Pengukuran Antropometri, Pengukuran pertumbuhan, Promosi Kesehatan (promkes), Pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), praktek pengukuran dan pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS).

    Dalam usaha nyata untuk mengurangi prevalensi stunting, PT Berau Coal menjadikan dirinya sebagai pelopor dengan mengadakan Pelatihan Kader Posyandu yang pertama kali di Kampung Bukit Makmur. Saidin Putra, Kepala Kampung Bukit Makmur, merasa terkesan dan berterima kasih atas komitmen perusahaan ini dalam upaya mengurangi angka stunting melalui pemberdayaan dan pelatihan para kader Posyandu.

    Saidin Putra menyatakan, “PT Berau Coal telah menunjukkan kepedulian yang luar biasa sebagai perusahaan yang pertama kali mengambil langkah konkret untuk mengatasi masalah stunting di wilayah kami. Kegiatan ini merupakan solusi yang tepat, dan kami dari pemerintah kampung mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya.”

    Melalui pelatihan ini, diharapkan para kader Posyandu di Kampung Bukit Makmur dan sekitarnya akan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam dan terkini dalam mendukung upaya penurunan stunting. Saidin Putra menambahkan, “Karena akses kita mendapatkan informasi terbatas, kegiatan ini jelas sangat penting dalam memberikan pengetahuan tambahan kepada para kader Posyandu.”

    Muhammad Aras, Kepala Puskesmas Tepian Buah, Kecamatan Segah, juga memberikan apresiasi terhadap inisiatif yang diambil oleh PT Berau Coal di Kampung Bukit Makmur. Ia menilai bahwa pelatihan ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung kinerja Puskesmas Tepian Buah dan pemerintah dalam menangani masalah pertumbuhan stunting.

    “Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Berau Coal atas dukungan yang luar biasa ini. Bagi para ibu yang menjadi kader Posyandu, tugas ini adalah bentuk pengabdian yang bernilai ibadah sepanjang waktu,” ujar Muhammad Aras.

    Ia juga berpesan agar pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini benar-benar dapat diaplikasikan dengan maksimal oleh para kader Posyandu, terutama dalam konteks penanganan stunting. “Saya berharap kita semua dapat serius dalam menyerap materi pada pelatihan ini, sehingga pelatihan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi kita dan masyarakat di sekitar kita,” tambahnya.

    Reza Hermawan, perwakilan dari Community Development PT Berau Coal, menjelaskan bahwa penanganan stunting juga menjadi fokus utama perusahaan. Pelatihan ini sejalan dengan program pemerintah dalam menangani stunting, dengan pendekatan melibatkan masyarakat dan para kader Posyandu.

    Lebih lanjut, Reza menjelaskan bahwa angka stunting dapat mencerminkan kemajuan suatu wilayah. Dengan pelatihan ini, ia berharap bahwa jika ada kasus stunting di Kampung Bukit Makmur dan sekitarnya, mereka dapat segera ditangani dengan efisien.

    “Setelah ini, kami akan berkoordinasi dengan puskesmas dan pemerintah setempat. Setelah para ibu dan kader mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil dalam menangani kasus stunting, bersama kita akan evaluasi, kemudian pada program selanjutnya kita terus lakukan pendampingan yang berkelanjutan,” tutup Reza Hermawan.