• Mon. Jul 22nd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Kreasi Inovatif M. Ichsan Rapi Hadirkan Bantuan ALADIN

    May 25, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – Membuat program bantuan kepada masyarakat adalah sebuah tindakan yang patut diapresiasi dan dicontoh. Terlepas dari latar belakang apa yang disandang oleh orang yang membantu itu. Karena sejatinya, orang baik adalah orang yang bisa memberikan manfaat kepada orang lalin.

    Seperti halnya Legislator ini, dengan menghadirkan bantuan renovasi rumah bagi masyarakat yang membutuhkan atau masyarakat yang tergolong tidak mampu. Bantuan tersebut bertajuk ALADIN, sebuah kreasi yang inovatif, karena menggunakan istilah unik.

    Program bantuan renovasi Atap, Lantai, dan Dinding (ALADIN) ini, dicetuskan oleh Sekretaris Komisi III DPRD Berau, M. Ichsan Rapi yang akrab disapa Daeng Iccang.

    Daeng Iccang menjelaskan, bantuan Aladin disalurkan berdasarkan informasi dari pihak RT yang mengetahui secara faktual rumah warga yang mana paling membutuhkan. Misalnya rumah warga yang tidak mampu, butuh bantuan perbaikan.

    “Sebagai wakil dari masyarakat pemilih, kita harus mampu menyerap aspirasi mereka. Turun ke bawah melalui kelembagaan atau reses, kadang nongkrong langsung bersama warga. Dari hasil usaha itu, diperoleh informasi bahwa banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan perbaikan rumah. Terutama rumah warga yang atapnya bocor. Khususnya warga yang tidak mampu. Datanya berasal dari kelurahan yang diperoleh dari pihak RT,” ungkap Legislator partai Gerindra ini.

    Lanjut Daeng Iccang, “melalui reses itulah, saya dapatkan informasi masyarakat butuh bantuan perbaikan rumah. Sebenarnya Aladin plus MCK yang diprioritaskan di dapil saya, Dapil Tanjung”.

    Program bantuan Aladin ini diprioritaskan per kelurahan berdasarkan wilayah yang ada di Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

    Tentu saja program bantuan tersebut mempunyai persyaratan, “Rumahnya harus milik sendiri dan diusulkan dari RT bersangkutan atau dari kelurahan yang menerangkan sebagai warga yang kurang mampu,” jelasnya.

    Bantuan Aladin mendapat sambutan yang luar biasa, baik dari warga maupun pemerintah setempat. Karena bantuan tersebut langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

    “Pihak kelurahan dan pihak RT menyambut baik bantuan ini. Alhamdulillah, mereka sangat terbantu. Semoga bantuan ini bisa terus terlaksana dan menyebar ke wilayah lain,” pungkas Ketua GPMB, Ketua PSTI dan Ketua IKA Unhas Berau.