• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    KPU Kabupaten Berau Gelar Bimtek Untuk PPK

    Jun 10, 2024
    oppo_0

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bertempat di Hotel Grand Parama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati yang akan datang.

    Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Kadiv Rendatin) KPU Kabupaten Berau, Bepi Sinatria menyebut bahwasanya dalam Bimtek tersebut nantinya akan dipaparkan terkait dengan Orientasi tugas dari Anggota PPK, Tahapan-tahapan yang akan dilalui.

    “Mungkin yang paling dekat ini tahapan untuk Verifikasi administrasi untuk calon perseorangan,” Ungkapnya pada awak media berausatu.id. Senin (10/06/2024)

    Disebutkannya pula Bahwasanya Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga Selasa 11 Juni 2024.

    Sementara itu, hingga saat ini pihaknya masih belum menemui kendala yang berarti dalam pelaksanaan Bimtek tersebut. “Kita coba pergunakan metode komunikasi dan kita juga selalu membuka ruang diskusi supaya teman teman tidak kaku,” Ujarnya.

    Selain itu disebutkannya pula dalam tahapan Pilkada tahun ini ada beberapa hal yang mengalami perubahan, salah satunya yakni jumlah Pemilih dalam satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Yang sebelumnya hanya 300 Pemilih per TPS sekarang menjadi 600 Pemilih per TPS.

    Oleh karena itu, dirinya menjelaskan nantinya akan ada penggabungan TPS Di sejumlah lokasi, namun dengan kriteria tertentu seperti kondisi geografis dan tidak boleh ada pengabungan dua TPS kelurahan atau Kampung yang berbeda.

    “Jadi materi-materi yang baru inilah yang kita coba sosialisasi kan ke teman-teman PPK,” Tambahnya.

    Peserta yang mengikuti Bimtek tersebut berasal dari 13 Kecamatan di Kabupaten Berau dengan jumlah masing masing 5 orang anggota PPK.

    “Jadi ada sekitar Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) 65 orang, tapi ada sebagian yang masih perjalanan dinas dan segala macam, tapi sudah dipesankan untuk mengejar teman-teman nya yang Bimtek hari ini,” Pungkasnya. (*MNH)