• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Kota Tua Teluk Bayur: Mengulang Kembali Kejayaan Zaman Dulu dengan Pesona Wisata Bersejarah

    Jun 14, 2023

    BERAUSATU.ID, – Teluk Bayur Kabupaten Berau, sebuah kota yang telah lama mengendap dalam sejarah Indonesia, kini berupaya keras untuk menghidupkan kembali kejayaannya yang pernah ada. Kota ini memiliki peran penting dalam pembentukan Bangsa Indonesia, dan jejak-jejak sejarahnya masih terjaga hingga saat ini. Bangunan-bangunan bersejarah seperti gedung bioskop, bangunan kantor kecamatan, gedung kamar bola, dan benda-benda peninggalan lainnya menjadi saksi bisu dari zaman kolonial Belanda yang masih berdiri tegak kokoh.

    Dalam usahanya untuk mengangkat pesona masa lalu, Kota Teluk Bayur sedang menjalani proses transformasi menjadi destinasi wisata kota tua yang menarik di Kabupaten Berau. Munculnya Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) telah memberikan sentuhan baru yang memancarkan semangat dan kehidupan di kawasan Teluk Bayur. Setiap tahun, kota tua ini mengadakan event Parade Aksi dan Seni (Paras), yang merupakan perpaduan unik antara seni, budaya, dan sejarah.

    Sambil menikmati keindahan arsitektur kuno, pengunjung juga dapat mengalami nostalgia dengan menyewa baju khas noni-noni Belanda dari era 1900-an. Meskipun koleksi yang tersedia masih terbatas, Pokdarwis “Steinkollen” tetap semangat untuk memberikan pengalaman kepada para pengunjung yang ingin merasakan suasana jaman dulu dengan berpakaian “era keemasan” Kota Teluk Bayur di masa lampau.

    Tak hanya gedung-gedung bersejarah yang menawan, kawasan seputar alun-alun Kota Tua Teluk Bayur juga telah dirancang sebagai tempat yang ideal untuk pengunjung mengabadikan momen mereka. Dengan latar belakang bangunan-bangunan tua, pengunjung akan merasakan kehadiran masa lampau yang begitu kuat. Suasana yang tenang dan sejuk semakin memperkuat kenangan akan masa kejayaan Kota Teluk Bayur.

    Menurut Mas Nugie (salah satu anggota Pokdarwis “Steinkollen”), tujuan utama mereka adalah melestarikan warisan sejarah dan menghidupkan kembali warisan budaya di Kota Tua Teluk Bayur. “Kami berharap agar orang-orang dapat memahami dan menghargai perjalanan sejarah Kota Teluk Bayur serta mengalami langsung atmosfer yang dulu pernah ada di sini,” ujarnya dengan antusias.

    Dengan perpaduan antara sejarah, budaya, dan keindahan alam yang masih alami, Kota Tua Teluk Bayur diharapkan dapat hadir sebagai tujuan wisata yang menarik bagi para pengunjung. Di balik kemegahan gedung-gedung bersejarahnya, tersembunyi keajaiban yang menanti untuk dijelajahi. Berkunjung ke Teluk Bayur di Kabupaten Berau seolah meraih kesempatan untuk merasakan nostalgia masa lalu dan menyaksikan pesona Kota Tua Teluk Bayur yang sedang bersolek untuk bersinar kembali. (pandu/Tim Berausatu.id)