• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Konsisten Membangun Kampung, PT Berau Coal Gelar Pelatihan dan Pendampingan BUMK

    Jun 7, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – PPM PT Berau Coal menggelar Pelatihan dan Pendampingan Sistem Pengelolaan Keuangan BUMK (Badan Usaha Milik Kampung), pada hari Selasa, 6 Juni 2023, pukul 09.00 WITA, di Family Cafe, Tg. Redeb.

    Community Development PT Berau Coal, Hery Syaprani, saat dikonfirmasi awak media ini menyebut saat ini ada 47 Kampung yang didampingi oleh PT Berau Coal Sendiri. Dimana pendampingan tersebut mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat dan pendidikan.

    “Ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah melalui BUMK dapat memajukan Kampung, sehingga melalui pendampingan ini kami harp bisa memberikan kontribusi, ” ujarnya.

    Menurutnya pendampingan dalam pengelolaan keuangan, menjadi hal yang utama, sehingga menjadi kunci untuk memajukan BUMK dan kemajuan Kampung.

    Dirinya berharap melalui kegiatan ini, para peserta memahami bagaimana sistem pengelolaan yang baik dan bagaimana mengembangkan bisnis BUMK.

    “Semoga para peserta dapat memanfaatkan momen ini untuk menambah ilmu, kemudian menerapkannya,” Pungkasnya.

    Terpisah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau, Warji, mewakili pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini oleh PT Berau Coal.

    “Ini sangat membantu Pemkab Berau dalam membangun Kampung melalui BUMK, sehingga kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

    Dirinya berharap, bagi BUMK yang berada dilingkar tambang ini bis menjadi contoh bagi BUMK yang lain dalam mengembangkan usahanya masing-masing.

    Diakuinya sistem pengelolaan modal dan keuangan oleh BUMK yang ada selama ini belum berjalan secara maksimal, sehingga memang kegiatan pendampingan oleh PT Berau Coal ini menjadi kebutuhan bagi para anggota BUMK yang ada.

    “Selain itu tentu dukungan penuh kepala Kampung juga dibutuhkan disini, ” ujarnya.

    Tak lupa dirinya menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan semacam ini, dirinya mengaku berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh PT Berau Coal banyak yang sebenarnya menjadi tanggung jawab pemerintah.

    “Dan memang kegiatan begini sangat membantu,” sebutnya.

    Sementara itu, Abdul Rahim, dari BUMK Banua Puri Kampung Batu Batu, sebagai perwakilan peserta menyampaikan terimakasihnya atas kegiatan ini.

    “Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat pastinya untuk kami di BUMK,” ungkapnya.

    Dari kegiatan ini dirinya akan menyampaikan ke anggota maupun Kepala Kampung sebagai penasehat akan manfaat kegiatannya. “Dan pastinya kami akan melakukan evaluasi juga” tambahnya.

    Selain itu, dirinya juga turut menyampaikan terimakasihnya kepada PT Berau Coal atas dana hibah yang pihaknya terima untuk membangun BUMK. (*IAH/ADV)