• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Komitmen Bangun Minat Literasi, Iccang Dukung Dengan Berbagai Program

    Jun 14, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – Literasi merupakan kunci dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM)yang cerdas dan berilmu  pengetahuan, sehingga dalam memajukan suatu daerah tentu dibutuhkan SDM yang unggul.

    M Ichsan Rapi, Sekretaris komisi II DPRD Berau,  berkomitmen dalam membangun budaya literasi di Bumi Batiwakkal. Dijelaskannya berbagai program telah ia lakukan demi mendukung peningkatan Budaya Literasi.

    Hal tersebut dibuktikan dengan keterlibatannya di dunia minat literasi yang ada di Berau, saat ini sosok yang kerap disapa Daeng Iccang tersebut tengah menjabat sebagai ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) yang dimana tujuannya untuk meningkatkan minat literasi.

    “Kami juga aktif memberi dukungan ke berbagai kegiatan literasi, bukan hanya memberi dukungan moril melainkan juga memberi dukungan dalam bentuk program maupun materiil,” jelasnya usai menghadiri salah satu kegiatan literasi pekan lalu.

    Selain itu melalui dana aspirasinya, dirinya berkomitmen untuk memberi anggaran demi memajukan minat literasi di Berau. Dirinya berencana akan membangun kontainer baca yang nantinya di tempatkan di daerah tepian.

    “Selain itu kita siapkan juga panggung literasiliterasi dan budaya, kami juga siapkan ribuan buku yang nantinya di bagi ke perpustakaan yang ada di kota maupun desa-desa, ” jelasnya.

    Bukan hanya itu, puluhan gerobak buku juga ia bagikan di berbagai sekolah, perkantoran, maupun perkampungan.

    “Semua semata-mata untuk memajukan minat literasi kita, ” tegasnya.

    Dirinya pun turut mengutik salah satu tokoh filsafat Aris Toteles, bahwasanya “Awal dari pendidikan/ literasi itu pahit, tapi buahnya nanti manis,” tutup Iccang. (AAA/ADV)