• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Kepala Dinas Dukcapil Himbau Masyarakat Untuk Meng-Update Data Kependudukan

    Jan 3, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, David Pamuji menghimbau masyarakat untuk segera melakukan pembaharuan data mereka yang tertera dalam (Kartu Tanda Penduduk) KTP maupun (Kartu Keluarga) KK yang dimiliki.

    Disampaikannya, Hal tersebut akan berimbas kepada pelayanan publik yang akan diakses nantinya, termasuk untuk pemilihan umum yang akan dihadapi nantinya, sebab dikawatirkan data tersebut tidak berfungsi dengan baik.

    Dikatakannya, Update data tersebut juga dapat dilakukan melalui aplikasi, sehingga masyarakat Kabupaten Berau tidak perlu datang langsung ke Disdukcapil untuk Mengupdate datanya.

    “Ini yang kami wanti-wanti, dimana posisi anda sekarang update lah, jangan sampai data itu tidak berfungsi,” Ujarnya. Rabu (03/01/2024).

    Dirinya juga menyebut bahwa banyak masyarakat dari Luar Kabupaten Berau banyak yang meminta bantuan pindah, yang artinya mereka sudah lama pindah ke Kabupaten Berau bahkan hingga bertahun-tahun, namun KTP dan KK mereka masih dilauar Kabupaten Berau.

    Terkait dengan hal tersebut pihaknya memberikan kebijakan sesuai arahan Kemendagri untuk difasilitasi permohonan bantuan pindah difasilitasi oleh Disdukcapil Berau untuk di Komunikaskan ke Disdukcapil daerah asalnya.

    “Sehingga dia tidak perlu pulang kampung dengan biaya yang cukup besar dan waktu yang mungkin terganggu tapi kita berikan kebijakan bisa meminta bantuan ke Capil dengan Memenuhi syarat,” Ungkapnya.

    Menurutnya, semakin mendekati Pemilu yang akan dihadapi nantinya, banyak masyarakat yang mulai melakukan update data mereka.

    “Itu akan meningkat dan saya harup utu bisa meningkatkan kesadaran masyarakat,” Pungkasnya. (*MNH/ADV)