• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    JEMPUT BOLA SUPAYA SAMBUNGAN RUMAH NAIK, CARA PERUMDA BATIWAKKAL TUTUPI PENGELUARAN SELAMA INI

    Nov 29, 2022

    Harga air bersih Perumda Air Minum Battiwakkal Kabupaten Berau belum mengalami kenaikan hingga kini. Tarif yang berlaku sekarang bahkan masih di bawah rata-rata tarif nasional.

    Untuk itu, salah satu cara Perumda Battiwakkal menyiasati belum sesuainya harga tarif yang ada dengan biaya pemasangan sambungan baru.

    Menurut Direktur Perumda Saipul Rahman, cara tersebut merupakan salah satu agar mempertahankan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Bumi Battiwakkal.

    Menurutnya, meski tarif air Perumda Batiwakkal masih di bawah rata-rata tarif nasional, dirinya telah memaksimalkan dari sektor penyambungan baru ini.

    “Biaya oprasionalnya dari mana? Ya dari penyambungan baru ini, dan selama ini kami terus melakukan jemput bola ke kampung-kampung untuk mensosialisasikan perlunya masyarakat menggunakan air bersih,” ungkapnya.

    Ia juga menjelaskan, upaya tersebut juga merupakan cara pihaknya menutupi pengeluaran produksi dan distribusi air FRC (Full Cost Recovery) dengan penambahan sambungan baru. Dengan adanya biaya penambahan dan penyambungan, menjadi pendapatan Perumda Batiwakkal untuk menutupi cost produksi juga distribusi.

    “Karena proses full cost recovery ini sudah terjadi dan tak bisa terpenuhi dari tahum 2015. Artinya lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan,” terangnya.

    “Semenjak 2019 saya masuk. Mulai melakukan inovasi bagaimana cara untuk menutupi pengeluaran terutama produksi dan distribusi ini. Alhamdulillah pendapatan naik sejak di 2019 sampai saat ini,” pungkasnya.