• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Jelang Pikada, Bawaslu Akan Sosialisasi Tolak Money Politik

    May 8, 2024

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Berau akan gelar sosialisasi terkait dengan Money Politik jelang Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bawaslu Kabupaten Berau, Ira Kencana saat ditemui beberapa waktu lalu.

    Sosialisasi tersebut akan dilakukan sebab menurutnya kesadaran masyarakat terhadap peraturan undang-undang tentang pilkada masih minim.

    “Kami akan lebih banyak melakukan sosialisasi, karena kesadaran masyarakat terkait dengan undang-undang Pilkada ini masih belum familiar,” Ungkapnya.

    Hal tersebut sebagaimana yang terjadi pada Pemilu 2024 lalu ada beberapa kasus money politik yang diproses oleh Bawaslu Kabupaten Berau.

    “Itu usaha kami, memperkenalkan produk-produk hukum yang bisa dimengerti masyarakat nanti bahwa pada pilkada 2024 ini, pemberi dan penerima akan mendapatkan sanksi apa bila terbukti melanggar hukum pidana pemilu,” Jelasnya.

    Diharapkannya, pada Pilkada tahun 2024 yang akan datang masyarakat dapat lebih memahami dampak-dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh praktik Money Politik.

    “Semoga masyarakat dapat lebih memahami dampak negatif yang timbul akibat Money Politik,” Pungkasnya. (*MNH)