• Mon. Jul 22nd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Indeks Literasi Pada Level Sedang, Yudha: Kita Akan Terus Berupaya Tingkatkan

    Apr 26, 2024
    Processed with VSCO with preset

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Berdasarkan Hasil Survei yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional maupun Perpustakaan Provinsi, Minat baca masyarakat di Kabupaten Berau berada pada Level Sedang.

    Hal Tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Berau, Yudha Budi Santoso saat ditemui diruangannya.

    Dikatakannya, pihaknya juga terus berupaya untuk terus meningkatkan indeks literasi di Kabupaten Berau Melalui Pembenahan di Perpustakaan Umum Kabupaten Berau.

    “Idealnya kita berharap bisa lebih baik lagi untuk indeks literasi di Kabupaten Berau,” Ungkapnya. Jum’at (25/04/2024).

    Selain itu, pihaknya juga terus menambah koleksi buku di perpustakaan umum, meningkatkan akses layanan termasuk pada perpustakaan desa atau kampung dan perusahaan sekolah.

    Disebutkannya pula, pihaknya sering mengadakan kegiatan-kegiatan guna meningkatkan kunjungan di Perpustakaan Umum Kabupaten Berau.

    “Kita rutin mengadakan event, Tiap tahun ada, seperti Lomba Resensi Buku, Lomba Pidato, termasuk lomba-lomba lainnya, itu diadakan di sini, supaya anak anak datang kesini,” Jelasnya.

    Yudha juga menyebut bahwasanya tiap tahun akan ada Bulan Kunjung Perpustakaan yang terlaksana pada bulan September hingga Oktober.

    “Nantinya ada seperti talk show, ada seminar, latihan mendongeng dan lainnya, itu semua sebagai upaya untuk meningkatkan indeks literasi,” Tambahnya.

    Diharapkannya Perpustakaan Umum dapat memberikan nilai edukasi kepada seluruh kalangan masyarakat, dirinya juga berharap agar masyarakat mau berkunjung ke Perpustakaan Umum Kabupaten Berau.

    “Kita Berharap Perpustakaan bisa memberikan nilai edukasi, Karena Perpustakaan ini kami sebut sebagai pendidikan sepanjang hayat, dari mulai ank kecil hingga dewasa bahkan orang tua sekalipun, makanya bukunya kita sediakan lengkap, kita juga berharap orang-orang tua jika ada waktu luang, ajak lah anak-anak nya berkunjung,” Pungkasnya. (*MNH)