• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Hadiri Pelantikan Panwascam, Bupati Minta Jaga Netralitas

    May 24, 2024
    oppo_0

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau Menghadiri Sekaligus Membuka Kegiatan Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se- Kabupaten Berau Tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Hotel Bumi Segah, Jumat (24/05/2024).

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengucapkan selamat dan sukses kepada segenap jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan yang telah dilantik pada kesempatan tersebut.

    Dikatakannya, hal tersebut merupakan amanat yang harus bisa dilaksanakan oleh para Panwascam yang telah dilantik dalam rangka mengawal, mengawas, dan menyukseskan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang akan diselenggarakan pada 27 November mendatang.

    “Saya berharap, saudara sekalian dapat bekerja secara profesional. Manfaatkan waktu yang ada ini untuk mempersiapkan segala kelengkapan sarana dan sumber daya manusia penyelenggara pemilihan yang begitu kompleks. Mengingat, pesta demokrasi memang memerlukan begitu banyak persiapan demi sukses dan keberhasilannya,” Ungkapnya.

    Disebutkannya, Hal tersebut juga dititikberatkan pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Panwascam selaku unsur vital dalam penyelenggaraan Pemilu.

    Dirinya menghimbau para Panwascam yang telah dilantik untuk segera bergerak menyusun langkah dan strategi, memastikan kapasitas diri, baik dari segi pengetahuan, fisik, dan mental serta Terus melakukan koordinasi dengan perangkat terkait dan menjalin sinergitas yang padu.

    Diharapkannya para anggota Panwascam dapat melaksanakan tugasnya dengan seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya serta terus mengedepankan moralitas pada setiap langkah.

    ‘Yakinilah, bahwa ini adalah amanah yang besar, yang akan saudara pertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa,” Lanjutnya.

    Selain itu, dirinya juga meminta kepada anggota Panwascam untuk menjaga netralitas sebagai penyelenggara dan tidak menyalahgunakan amanah sebagai Panwascam untuk kepentingan sendiri dan merugikan masyarakat, namun justru diharapkan mereka dapat memberikan edukasi pemilu kepada masyarakat.

    Sri menuturkan bahwasanya pelantikan tersebut juga merupakan momentum bagi seluruh pihak dalam menyamakan persepsi bagi, agar dapat bersama bersinergi mewujudkan pemilu yang demokratis dan berasas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau luber-jurdil dengan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat pada seluruh rangkaian maupun tahapan pemilu.

    “Kita jaga kondusivitas dan tingkatkan solidaritas, persatuan, dan kesatuan,” Pungkasnya. (*MNH)