• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Hadiri Ngopi Ketenagakerjaan, Bupati Harapkan Dukungan Kementerian Ketenagakerjaan RI

    May 28, 2024
    oppo_2048

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau Melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar Ngobrol Pintar (NGOPI) Ketenagakerjaan bersama Wakil Menteri Ketenagakerjaaan RI yang berlangsung di SM Tower Tanjung Redeb, Selasa (28/05/2024).

    Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Bapak Ir. Afriansyah Noor, ST, M.Si, IPU yang pagi tadi baru saja tiba di Bumi Batiwakkal.

    Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas turut menghadiri acara tersebut, dalam sambutannya dirinya menyampaikan Kabupaten Berau sebagai salah satu wilayah Mitra ibukota nusantara yang diharapkan memiliki kemampuan dalam optimalisasi tata kelola Ketenagakerjaan.

    Dikatakannya, Kabupaten Berau memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang luar biasa, terutama pada Sektor Pertambangan dan Perkebunan, Kendati demikian aspek Hubungan industrial menjadi tantangan yang harus diselesaikan oleh Pemkab Berau.

    “Pemerintah Kabupaten Berau terus berupaya untuk dapat menghadirkan kebijakan yang solutif di tengah permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dan pekerja, termasuk penguatan komitmen bersama dalam menciptakan hubungan kerja yang sehat,” Ungkapnya.

    Disebutkannya, dengan digelarnya diskusi tersebut akan memberikan kecerahan dalam proses pengambilan keputusan Ketenagakerjaan kedepannya.

    Sri menyebut Bahwasanya Pemerintah Daerah Kabupaten Berau Berkomitmen melindungi ketenaga kerja lokal dan menjadikan tenaga kerja lokal sebagai prioritas dan melaksanakan fasilitas Balai Latihan Kerja gratis yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas para pekerja.

    “Ini merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Berau yang harus menjadi komitmen kami ,” Lanjutnya.

    Dirinya juga mendorong para perusahaan dan pekerja agar dapat menjadi Mitra yang sama-sama profesional, Saling menghargai, Saling menunaikan kewajiban dan memberikan gak secara proporsional, serta saling menepati perjanjian yang telah disepakati secara jujur dan bertanggung jawab. sebab pada dasarnya pekerja dan pengusaha adalah Mitra yang harus bekerja bersama-sama untuk mewujudkan tujuan perusahaan secara bersama-sama

    Sri juga mengharapkan dukungan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI agar pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Berau dapat terlaksana sebagaimana mestinya, sehingga memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Kabupaten Berau.

    Pada kesempatan tersebut, dirinya juga mengapresiasi Serikat Pekerja dan Perusahaan yang hingga saat ini terus berupaya memberikan kontribusi yang terbaik kepada pembangunan daerah di Kabupaten Berau.

    “Semoga ini dapat terus kita jaga kita pelihara dengan sebaik-baiknya, kedepankan komunikasi antara kedua belah pihak,” Tambahnya.

    “Kepada perusahaan yang terkait kami juga berharap kerjasama yang baik untuk memberikan perhatian kita kepada para pekerja pekerja ini,” Pungkasnya. (*MNH)