• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Hadiri Kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan SBB, Sri Juniarsih Harap Tingkatkan Kualitas Kelembagaan.

    Apr 3, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, berserta jajanan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri kegiatan Pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Berau, digelar di Balai Mufakat, Jalan Cendana, Tanjung Redeb, Jumat 31 Maret 2023.

    Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Sri juniarsih memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran KPU Kabupaten Berau, yang pada hari ini menempuh satu langkah positif demi kemajuan pembangunan Kabupaten Berau.

    Dijelannya, pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan wilayah birokrasi bersih dan melayani WBBM ini, tentunya merupakan upaya memperbaiki kualitas kelembagaan, terutama dalam upaya percepatan, pencegahan, dan pemberantasan korupsi sebagai implementasi dari inpres Nomor 5 tahun 2004, Inpres nomor 9 tahun 2011 serta inpres 1/2013, yang secara khusus ditindaklanjuti dalam surat KPU RI pada tanggal 17 Maret 2023.

    “Di samping itu juga, pencanangan pembangunan WBK dan WBBM juga menunjukkan komitmen KPU Kabupaten Berau dalam mewujudkan reformasi birokrasi yg unggul dan berdaya asing, bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien, serta berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas,” Ungkapnya.

    Dirinya menyebut, seperti yang diketahui bersama, korupsi merupakan bentuk kejahatan luar biasa yang dapat merugikan negara sekaligus penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan.

    “Oleh karena itu, sangat di perlukan zona integritas sebagai alat untuk menghalau perilaku korup. Dimana, zona berarti oleh wilayah atau daerah dengan batasan khusus. Sedangkan integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhurdwn keyakinan, kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang,” Jelasnya.

    Menurut orang nomor satu di Bumi Batiwakkal ini, Proses pembangunan zona integritas tentu merupakan kerja yang tidak mudah dan membutuhkan sinergitas berbagai pihak.Sehingga dirinya berharap, setiap institusi yang di Kabupaten Berau memiliki akuntabilitas dan kualitas kinerja yang semakin baik.

    “Sehingga harapan publik terhadap pelayanan yang berkualitas dapat terwujud sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (*IAH)