• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Hadiri Grand Final Pemilihan Duta Genre, Bupati Berharap Duta Genre Dapat Menjadi Inspirasi

    Jun 1, 2024
    oppo_2048

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau Menghadiri Sekaligus Membuka Grand Final Pemilihan Putra-Putri Duta Generasi Berencana Kabupaten Berau Tahun 2024 yang terselenggara di Balai Mufakat, Sabtu (01/06/2024).

    Dalam sambutannya, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyambut baik terselenggaranya ajang pemilihan Duta Genre tersebut sebagai upaya pembinaan generasi muda dalam merespons berbagai permasalahan remaja.

    Selain itu, mendorong generasi muda untuk melaksanakan fase kehidupan secara matang dan terencana, khususnya edukasi kesehatan reproduksi.

    “Program-program Genre kemudian dilaksanakan di sekolah melalui Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Di sinilah peran penting para Duta Genre sebagai agen sosialisasi kepada rekan sebayanya melalui sharing dan pendekatan kreatif,” Ungkapnya.

    Oleh karenanya, Sri berharap para Duta Genre dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda. Sehingganya, penting bagi mereka untuk mengembangkan kapasitas diri dan menjaga sikap sebagai Duta Genre.

    “Berprestasilah secara akademik dan non akadmik, namun jangan lupa berakhlak-lah yang baik,” Tambahnya.

    Diharapkannya pula, para anggota Genre dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur.

    Hal tersebut dinilainya penting, padalnya Indonesia akan segera menghadapi era bonus demografi yang memerlukan strategi khusus demi mencegah konflik maupun masalah kependudukan.

    Pada kesempatan tersebut, dirinya juga berpesan kepada Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Berau untuk terus melakukan pendampingan serta pembinaan kepada remaja, khususnya pencegahan kasus stunting baru melalui penyiapan usia pernikahan, tablet tambah darah, dan sebagainya.

    Sri juga meminta kepada para Kepala Sekolah dan Guru untuk berperan aktif dalam mendukung program DPPKBP3A di sekolah seperti Siaga Kependudukan, PIK-R, serta kesehatan fisik dan psikis remaja.

    “Saya sangat berharap, anak-anak kita dapat bertumbuh sehat dan kuat serta membanggakan kita semua,” Pungkasnya. (*MNH)