• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Hadiri Festival Kuliner Pangan Lokal, Bupati Berharap Berau Sejahtera Dengan Ragam Komoditas

    Oct 17, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menghadiri sekaligus membuka Festival Kuliner Pangan Lokal Tahun 2023, yang terselenggara di Halaman Kantor Dinas Pangan, Pada Selasa (17/10/2023).

    Pada sambutannya, Bupati Berau Sri Juniarsih Menyambut baik terselenggaranya kegiatan festival kuliner pangan dalam rangka edukasi penganekaragaman konsumsi pangan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat berbasis sumber daya lokal.

    Menurutnya, Hal tersebut juga diharapkan dapat mencegah terjadinya kasus stunting maupun penyakit yang berkaitan dengan kelebihan atau kekurangan gizi.

    Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan kegiatan festival tersebut serta mengoptimalkan seluruh potensi pangan lokal yang ada, seperti jagung, sukun, pisang, singkong, dan ubi jalar.

    “Yang mana, ragam pangan ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun juga mudah ditemukan di sekitar kita,” Ungkapnya.

    Sri juga berpesan kepada seluruh perangkat terkait, para pengurus PKK bersama organisasi kewanitaan di berbagai tingakatan, agar dapat memotivasi keluarga dan masyarakat dalam mengonsumsi makanan sesuai Pola Pangan Harapan dan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan.

    “Karena tidak dapat dipungkiri, sosok wanita adalah sosok yang paling dekat dengan urusan gizi keluarga. Untuk itu, mulailah dari keluarga dan sinergikan program organisasi dengan pemerintah,” Ujarnya.

    Diharapkannya, peran aktif dari para kepala OPD, para camat serta pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan, agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk menjamin ketahanan pangan di Kabupaten Berau.

    Dijelaskannya bahwa Kabupaten Berau adalah salah satu wilayah penyangga pangan bagi IKN dengan sentra-sentra komoditas pangan yang kita miliki.

    Sehingganya, Kabupaten Berau semestinya bukan hanya berfokus pada pemenuhan pangan masyarakat, tetapi juga melakukan upaya-upaya guna meningkatkan kemampuan produksi pangan.

    “Namun saat ini, sebagian besar komoditas pangan untuk masyarakat Kabupaten Berau masih didatangkan dari daerah lain. seperti kedelai, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih, cabai, dan lain-lain,” Jelasnya.

    Oleh karena itu, Sri mendorong perangkat Dinas Pangan Kabupaten Berau agar dapat bekerja maksimal serta mewujudkan ketahanan pangan dan menyukseskan seluruh agenda-agenda pangan.

    Dirinya juga berharap Kabupaten Berau akan semakin sejahtera dengan ragam komoditas unggulan, yang bukan hanya akan mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten Berau, tetapi juga masyarakat Kalimantan Timur.

    Dikatakannya, Hal tersebut sejalan dengan misi meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan sektor hilir sumber daya dan pertanian dalam berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja dan pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

    “Saya sangat berharap ajang semacam ini dapat terus dilaksanakan untuk memberikan pengtahuan dan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan derajat kesehatan melalui ketangguhan pangan,” Pungkasnya. (*MNH/ADV)