• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Hadir acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi dan Penyerahan Perangkat Digital Titik Baca Etam, Bupati berkomitmen meningkatkan SDM

    Jun 14, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih, menghadiri acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi dan Penyerahan Perangkat Digital Titik Baca Etam, Pada Selasa (13/06/2023)

    Pada acara tersebut Bupati Berau, Sri Juniarsih, dalam sambutannya, mewakili Pemkab Berau, dirinya mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus organisasi Sahabat Literasi Kabupaten Berau (SLKB).

    “Hari ini, kita patut berbangga, karena perpustakaan Kabupaten Berau, baik sekolah maupun kampung berhasil meraih akreditasi perpustakaan terbanyak se-Kalimantan Timur dari Perpusnas,” paparnya.

    Selain itu, Disebutkannya Kabupaten Berau juga menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Kalimantan Timur.

    “Tentu, ini kabar yang sangat membahagiakan sekaligus membanggakan, yang menunjukkan konsistensi kita untuk menghadirkan perpustakaan di tengah masyarakat, bukan hanya dari sisi penyediaan buku dan fasilitas, tetapi juga memberdayakan masyarakat melalui membaca dan mempraktikkan bahan bacaan, sehingga meningkatkan kecakapan hidup untuk kesejahteraan,” ujarnya.

    Pada acara tersebut diserahkan 14 sertifikat, yang diterima oleh 12 perwakilan sekolah dan 2 perwakilan kampung, Dirinya juga memberikan selamat kepada para penerima sertifikat tersebut.

    “Besar harapan saya, predikat akreditasi ini dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas perpustakaan yang semakin baik,” lanjutnya.

    Dirinya juga berharap kedepannya akreditasi ini bisa diraih oleh lebih banyak perpustakaan sekolah dan kampung yang ada di Kabupaten Berau. Jika sebelumnya terdapat 14 perpustakan yang menerima sertifikat, maka tahun ini di targetkan sebanyak 25 perpustakaan.

    “Untuk itu, saya mengharapkan kerja sama dari seluruh perangkat terkait dalam rangka capaian akreditasi ini,” katanya.

    Menurutnya akreditasi yang diperoleh akan menjadi pelecut semangat bersama dalam upaya pembudayaan literasi melalui pemenuhan fasilitas perpustakaan yang representatif dan memadai, ketersediaan buku-buku bacaan cetak maupun elektronik, hingga kualitas para pustakawan di dalamnya.

    Dijelaskannya pula perpustakaan di Kabupaten Berau harus terus berbenah. Bukan hanya sekadar mengejar ketercukupan fasilitas sarana dan prasarana agar sesuai standar nasional, tetapi juga tetap mengedepankan layanan yang bermanaat untuk meningkatkan derajat pengetahuan masyarakat.

    “Pemerintah Kabupaten Berau telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur. Kami sungguh menyadari bahwa sumber daya manusia adalah aspek penting dan paling utama dalam membangun suatu daerah,” jelasnya.

    Dirinya juga mendorong seluruh OPD/SKPD terkait agar dapat menyiapkan perpustakaan atau pojok baca, mengingat peran utama mereka dalam langkah mencerdaskan kehidupan bangsa.

    Pada kesempatan tersebut juga diserahkan perangkat digital Titik Baca Etam, yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

    Pada acara tersebut Bupati Berau, Sri Juniarsih juga secara resmi membuka acara Lomba Bertutur Tingkat SD/MI se-Kabupaten Berau Tahun 2023 dan yang berhasil meraih juara pertama, akan mewakili Kabupaten Berau di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

    “Untuk itu, saya ucapkan selamat berkompetisi untuk anak-anakku sekalian. Berkompetisilah secara sehat. Berikanlah penampilan terbaik, jadilah insan literasi yang menginspirasi dan mencerdaskan,” ungkapnya.