• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Gelar Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, Pemkab Komitmen Tingkat SDM

    Apr 28, 2024
    oppo_0

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Dinas Pendidikan Kabupaten Berau bersama dengan Guru Penggerak Provinsi Kaltim melaksanakan kegiatan Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Berau, yang terlaksana di Balai Mufakat, Minggu (28/4/2024).

    Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas yang diwakili oleh Plt Asisten II Setkab Berau, Mustakim Suharjana dalam sambutannya menyambut baik terselenggaranya kegiatan lokakarya tersebut.

    “Perlu diketahui, bahwasanya Pemerintah Kabupaten Berau memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur,” Ungkapnya.

    Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sangat menyadari, sumber daya manusia adalah aspek penting dan paling utama dalam membangun suatu daerah. Di mana, salah satu upaya perwujudan manusia yang cerdas adalah dengan peningkatan kualitas dan kapabilitas guru dalam rangka menciptakan generasi cerdas.

    Pemkab Berau juga mendukung program merdeka belajar dan guru penggerak, yang diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi guna mengatasi berbagai persoalan pendidikan yang terjadi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Berau.

    “Kami yakin, guru merupakan faktor penentu utama dalam proses pendidikan dan pembelajaran, baik formal maupun non-formal. Hanya dengan sentuhan guru profesional yang bermartabat, anak-anak bangsa akan menerima proses pembelajaran yang edukatif dan bermutu baik,” Ujarnya.

    Diharapkannya pula para calon guru penggerak dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, sebab lokakarya tersebut menjadi satu rangkaian dari pelatihan daring, konferensi, serta pendampingan selama 6 bulan ke depan.

    Disampaikannya pula pada lokakarya tersebut juga akan dipelajari mengenai filosofi pendidikan Indonesia, nilai-nilai dan peran guru penggerak, membangun visi sekolah, hingga membangun budaya positif di sekolah, yang tentunya akan sangat bermanfaat.

    Kendati demikian, Dirinya juga berharap calan guru penggerak dapat tetap maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengajar di sekolah masing-masing, meskipun juga harus mengikuti kegiatan lokakarya tersebut.

    “Insyaallah, ikhtiar ini akan dinilai sebagai ibadah dan kebaikan bagi Bapak dan Ibu semua,” Lanjutnya.

    Dirinya juga menyebut Pemkab Berau memiliki komitmen kuat dalam upaya memajukan dunia pendidikan dan memberikan kesejahteraan bagi guru dan tenaga pendidik dengan mencanangkan peningkatan program Beasiswa Berau Cerdas, 1000 laptop untuk guru dan bantuan perlengkapan sekolah bagi pelajar yang tidak mampu serta program peningkatan insentif untuk Guru dan PAUD.

    Pada Kesempatan tersebut, Dia juga mendorong jajaran Dinas Pendidikan dan seluruh perangkat terkait untuk bersama-sama membangun dunia pendidikan di Kabupaten Berau.

    “Mari bersama-sama kita cipatakan sumber daya guru profesional dalam jumlah yang mencukupi dan dapat tersebar lebih merata. Mengingat wilayah Kabupaten Berau yang cukup luas dan terbagi ke dalam 13 kecamatan dan 100 kampung dengan medan yang bervariasi,” Pungkasnya. (*MNH)