• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Deklarasi Sekolah Adiwiyata dan Launching Smala Green Place

    Jan 21, 2023

    BERAUSATU.ID – Merupakan “rumah besar” dari seluruh program adiwiyata SMA Negeri 5 Berau di Kecamatan Gunung Tabur, kini memiliki program Smala Green Place (SGP).

    Secara khusus program ini dilaunching Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang diwakili Asisten III Setkab Berau, Maulidiyah, pada Sabtu (21/1/2023) di halaman SMA Negeri 5 Berau.


    Disebutkan Kepala SMA 5, Suwito Wahyu Widodo, tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata dari realisasi niat, arah kebijakan, dan target SMA Negeri 5 Berau menuju Sekolah Adiwiyata Nasional.

    “Saat ini, SMA Negeri 5 Berau sudah berpredikat Sekolah Adiwiyata Provinsi, danan di tahun 2023 ini menargetkan untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional,” ungkapnya.

    Kegiatan launching ini sebagai bagian dari program kegiatan SMA Negeri 5 Berau di Tahun 2023 yang ikut serta dalam penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

    Program SMALA Green Place di susun berdasarkan EDS (Evaluasi Diri Sekolah) dan IPMLH (Identifikasi Potensi dan Masalah Lingkungan Hidup) di SMA Negeri 5 Berau hingga Tahun 2022 yang menjadi dasar penyusunan GPBLHS (Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah) untuk Tahun 2023.

    “Salah satu wujud GPBLHS SMA Negeri 5 Berau tahun 2023 adalah integrasi kegiatan dalam rumah besar program SMALA Green PLACE (SGP),” jelasnya.

    Membacakan sambutan Bupati Berau, Asisten III, Maulidiyah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Berau siap mendukung kegiatan adiwiyata seperti yang dilaksanakan di SMAN 5 Berau dan memberi apresiasi terhadap program-program dalam upaya pelestarian lingkungan seperti yang saat ini dilaksanakan di SMAN 5 Berau yaitu Smala Green Place.
    Pemerintah Kabupaten Berau mendukung secara penuh agar target telah dicanangkan oleh SMA Negeri 5 dapat tercapai dan ini semoga juga berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar SMAN 5 Berau. “Wujud nyatanya, seluruh warga SMAN 5 Berau dapat menjadi pelopor dan menjadi penyebar semangat Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup yaitu semangat menjaga kebersihan, melestarikan lingkungan, dan gaya hidup berkelanjutan,” ungkapnya.

    Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi sekolah adiwiyata, launching mars adiwiyata dan slogan adiwiyata SMA Negeri 5, serta penanaman pohon. (Rn/prokopim)