• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bupati Berau Pimpinan Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-76

    Jul 12, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-76 digelar oleh Pemerintah Kabupaten Berau di Halaman Kantor Bupati, Pada Rabu (12/07/2023).

    Upacara tersebut dihadiri dan dipimpin langsung oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas serta diikuti oleh SKPD terkait dan para Perwakilan Koperasi di Kabupaten Berau.

    Pada sambutannya Sri Juniarsih Mengatakan bahwa Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan juga masyarakat.

    Dikatakannya pula demi terwujudnya kesejahteraan bagi anggota kelompoknya serta masyarakat perlu ada peranan aktif koperasi untuk menyelenggarakan berbagai macam usaha.

    “Disitulah inti dari koperasi sebagai perusahaan yang dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa,” ungkapnya.

    Disebutkannya juga Pemerintah Daerah saat ini memiliki peran dalam pembangunan koperasi sektor rill, Guna Membangun Ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

    “Koperasi sektor rill juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan serta jasa pariwisata,” lanjutnya.

    Dirinya juga menyebut bahwa ada potensi lain yang terbuka untuk koperasi yang salah satunya ialah usaha pada sektor jasa keuangan.

    “Usaha ini terbuka karena ada UU pengembangan dan penguatan sektor keuangan nomor 4 tahun 2023 tentang koperasi bisa menjalankan usaha perbankan, perasuransian hingga program pensiun,” jelasnya.

    Sehingga dengan adanya UU Tersebut mampu menjawab tantangan zaman dan mampu memiliki daya saing serta daya sanding yang besar.

    “Berbagai isu strategis telah dimuat dalam RUU tersebut seperti pembaruan ketentuan modal koperasi dan lapangan usaha koperasi berdasarkan klasifikasi baku lapangan usaha,” katanya. (*MNH/ADV)