• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bupati Berau Meninjau Sekaligus Memberikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Gang Unyil

    Jun 7, 2024
    oppo_0

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Sebanyak 22 jiwa dampak dari kebakaran yang terjadi di Jalan Manunggal, Gang Unyil kemarin menerima bantuan dan santunan yang diserahkan langsung oleh Bupati Berau.

    Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas didampingi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait berkunjung sekaligus meninjau dampak dari kebakaran tersebut.

    Ditemui awal media, Sri menyebut sebanyak 7 Rumah habis dilahap oleh api, 7 Kartu Keluarga dengan total 22 jiwa menjadi korban dampak dari peristiwa tersebut.

    Sri juga meminta kepada Camat, Lurah dan sejumlah Kepala OPD untuk membantu warga baik dalam bentuk sembako maupun kepengurusan surat-surat legalitas.

    “Saya sudah minta agar masyarakat dibantu pendataan agar legalitas bisa diketahui, melalui,” Ungkapnya. Jumat (07/06/2024).

    Dirinya juga meminta melalui Dinas Sosial serta Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk membangun rumah warga yang telah rata dengan tanah.

    “Sementara itu, untuk rumah yang rusak ringan bisa dibantu bahan bangunan untuk perbaikan,” Lanjutnya.

    Sementara itu, ditemui saat hari peristiwa terjadi, Kepala Dinas Sosial, Iswahyudi menyebut Bahwasanya bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah dipastikan ada, namun tergantung dari permohonan korban terdampak.

    “Dilihat kerugiannya bagaimana atau seperti apa. Kita juga akan koordinasi dengan pihak RT dan Lurah agar bagaimana kelengkapan dokumen bisa dipenuhi,” Jelasnya.

    Nantinya setelah dokumen yang diajukan telah lengkap, Dinas Sosial selanjutnya akan mengajukan kepada Pemerintah Daerah, bantuan dapat berupa uang dan mereka yang belanja sesuai RAB yang diajukan.

    “Soal bantuan sendiri itu tergantung RAB yang mereka ajukan, tapi bisa sampe Rp 100 juta dan nanti mereka bertanggungjawab pada uang tersebut dan kita turunkan SPJnya,” Pungkasnya. (*MNH)