• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bupati Berau Membuka Bimtek PAUD HI Guna Peningkatan SDM

    Sep 5, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengadiri sekaligus membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, Bertempat di Aula SKB Tanjung Redeb, Jalan Rasanya II, Pada Senin (04/09/2023)

    Program PAUD HI tersebut tertuang di dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

    Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) merupakan peningkatan kapasitas pendidik PAUD formal dan non formal yang diselenggarakan melalui aplikasi Guru Belajar dengan materi pembelajaran PAUD HI meliputi: kesehatan, gizi, pendidikan, perlindungan, pengasuhan dan kesejahteraan.

    Aturan tersebut sesuai dengan komitmen Pemkab Berau guna meningkatkan kualitas Sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, sejahtera serta berbudi luhur.

    Bupati Berau mengatakan bahwasanya Pemerintah Kabupaten Berau memahami betapa pentingnya pentingnya pendidikan bagi anak sejak usia dini. Sebab Menurutnya, usia dini adalah usia yang cukup menentukan bagaimana tumbuh kembang anak kedepan

    Dikatakannya pula bahwasanya pada usia dini, seorang anak akan berada pada usia keemasan dan mengalami pertumbuhan serta perkembangan yang unik.

    “Dan pada usia dini, anak anak mulai tumbuh dengan pola perkembangan motorik halus dan kasar,daya pikir, daya cipta,bahasa dan komunikasi,” Ujarnya.

    “Saya rasa semua itu tercakup dalam kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) kecerdasan spiritual (SQ) kecerdasan agama atau religius (RQ).” Lanjutnya.

    Dirinya juga menekankan pada para guru untuk selalu peduli serta dapat memberikan kontribusi terbaik mereka guna meningkatkan kualitas dan mutu PAUD yang ada di Kabupaten Berau.

    Sebagai uapaya dalam mewujudkan hal tersebut, Sri juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mulai ambil peranan sebagai motivator dan fasilitator dengan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat.

    “Secara khusus saya meminta kepada Dinas pendidikan kabupaten Berau bersama perangkat terkait agar merumuskan langkah terpadu demi peningkatan PAUD di Kabupaten Berau” Ungkapnya.

    Sri juga berharap untuk meningkatkan daya kreativitas serta inovasi bersama dalam pengembangan program-program PAUD yang lebih maju.

    “Yang pada akhirnya melahirkan generasi emas sebagai generasi terbaik untuk melanjutkan perjuangan kita dalam memajukan bumi Batiwakkal, Kabupaten Berau tercinta.” Pungkasnya. (*MNH/ADV)