• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bupati Berau Hadiri Penandatanganan MoU dengan Poltek Sinar Mas

    May 27, 2024
    oppo_2048

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Bupati Berau menghadiri Penandatanganan Naskah Kerja Sama Nota Kesepahaman (MOU) Pemerintah Kab. Berau dengan Politeknik Sinar Mas Berau Coal Tentang Pendidikan, Penelitian, Inovasi, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlangsung di Politeknik Sinar Mas Berau coal, Senin (27/05/2024).

    Pada sambutannya,Bupati Bera, Sri Juniarsih Mas mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran civitas akademika Politeknik Sinar Mas Berau Coal atas terjalinnya kerja sama tersebut.

    Sri berharap jalinan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dengan Politeknik Sinar Mas ke depan, akan senantiasa terjalin baik sebagai upaya menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi para pembelajar dan meningkatkan kualitas SDM Kabupaten Berau.

    Dikatakannya, pendidikan vokasi menjadi sangat penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, terlebih di dunia persaingan kerja era kekinian.

    “Tidak dapat dimungkiri, angkatan kerja dengan kemampuan spesifik kini menjadi kebutuhan utama hampir di seluruh bidang usaha, utamanya di lingkar industri pertambangan dan mineral,” Ungkapnya.

    Oleh karena itu, dibutuhkan upaya yang cermat dalam mengembangkan lembaga pendidikan berbasis penguasaan keahlian tertentu.

    Disebutkannya, Program tersebut bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal di daerah yang memiliki keahlian, keterampilan di bidangnya, siap kerja, tersertifikasi, dan mampu bersaing, hal tersebutlah yang dimiliki oleh Politeknik Sinar Mas Berau Coal.

    Sri mengatakan, Pemkab Berau sangat mendukung program- program peningkatan kualitas pendidikan serta Poltek Sinas Mas juga terus meluluskan tenaga ahli profesional dan secara berkala memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

    “Hal ini sejalan dengan misi kami, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur. Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen kuat untuk memberikan perhatian besar bagi dunia pendidikan Bumi Batiwakkal, termasuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki semangat visi yang sama,” Jelasnya.

    Dirinya menyambut baik agenda kerjasama tersebut dan berharap kerja sama tersebut dapat terus berjalan dan bermanfaat bagi generasi di Bumi Batiwakkal dalam menempuh pendidikan yang berkualitas tanpa harus beranjak ke luar daerah.

    “Besar harapan saya, ke depan, tidak ada lagi siswa yang gagal melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan kekurangan biaya,” Tuturnya.

    Selain itu dirinya juga berharap, agar tenaga kerja lokal menjadi prioritas, sebab hal tersebut merupakan salah satu kontribusi positif yang dapat diberikan perusahaan.

    Disebutkannya, dengan Keberadaan Politeknik Sinar Mas diharapkan dapat terus mendukung terbentuknya ekosistem pendidikan yang representatif dalam rangka penyediaan sumber daya manusia yang unggul untuk menjawab kebutuhan industri saat ini.

    “Sebagaimana harapan yang disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Periode 2016-2019, Ignasius Jonan, ketika meresmikan Politeknik Sinar Mas Berau Coal ini pada tanggal 5 April 2019 yang lalu. Saya sangat berharap, Politeknik Sinar Mas akan terus berbenah dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi pembangunan manusia di Kota Sanggam yang kita banggakan,” Pungkasnya. (*MNH)