• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bupati Berau, Dukung Pelestarian Adat dan Budaya Uman Undad

    Jul 5, 2023

    BERAUSATU.ID TANJUNG REDEB- Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menghadiri acara tahunan pesta budaya adat Uman Undad Kampung Tepian Buah yang berlangsung di Balai Adat Baru Kampung Tepian Buah, Pada Selasa (04/07/2023).

    Sri Juniarsih memberikan apresiasi kepada masyarakat dan para petani di Kampung Tepian Buah atas suksesnya panen di tahun ini.

    “Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini karena kita tahu belakangan ini cuaca cukup ekstrem, tetapi petani di Kampung Tepian Buah ini mampu berproduktifitas untuk membentuk ketahanan pangan,” ujarnya.

    Dijelaskannya bahwa diadakan pesta budaya adat Uman Undad ini sebagai bentuk kegembiraan masayarakat atas hasil panen yang melimpah sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

    Hal ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk menjaga dan merawat kebudayaan yang ada di Kabupaten Berau

    “Saya berharap, pesta budaya seperti ini terus diselenggarakan yang dapat mendatangkan manfaat ke generasi berikutnya sebagai bentuk melestarikan budaya,” ujarnya.

    Dirinya juga menekankan pada para instansi terkait untuk terus memonitor dan mendampingi para petani agar produktivitas hasil bumi semakin berkualitas dan memiliki daya saing.

    Menurutnya pertanian merupakan salah satu potensi unggulan di Kabupaten Berau sehingga harus terus dikembangkan, Pemkab Berau juga memberikan perhatian khusus untuk mendukung pertanian dan perkebunan dalam memberikan bantuan stimulan dan berbasis teknologi.

    “Kita berharap potensi pertanian di Kampung Tepian Buah ini dapat berdaya guna dan mari bersatu padu maksimalkan potensi untuk terus lestari hingga sampai anak cucu kita nantinya,” jelasnya.

    Dikatakannya acara tahunan pesta budaya adat Uman Undad ini harus terus dilestarikan agar menambah daya tarik kampung serta Pemerintah Kabupaten Berau akan selalu mendukung pelestarian adat dan budaya di Kabupaten Berau. (*MNH/ADV)