• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bupati Berau Diwakili Sekda Membuka Kegiatan RAKOR MUI Se-Kalimantan Timur

    Nov 3, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Kabupaten Berau dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanan Rapat Koordinasi Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 yang akan berlangsung mulai dari tanggal 2-5 Oktober 2023 dan dibuka di Balai Mufakat, Pada Kamis (02/10/2023).

    Bupati Berau yang diwakili oleh Sekda, Muhammad Said pada sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Ketua Majelis Ulama Indonesia beserta anggota dari seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Timur.

    Dirinya menyambut baik pelaksanaan Rakor tersebut sebagai suatu kegiatan yang positif, dan diharapkan dapat mengoptimalkan peran para ulama sekaligus mendorong percepatan ekonomi ummat yang sesuai dengan anjuran agama Islam.

    “Hal ini penting, terutama dalam menyongsong Kalimantan Timur sebagai Ibukota Nusantara ke depan,” Lanjutnya.

    Dikatakannya Pemerintah Kabupaten Berau juga memiliki komitmen kuat ekonomi masyarakat melalui meningkatkan ekonomi dalam pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.Yang mana, misi tersebut di integrasikan melalui dua program unggulan, yakni pembangunan kawasan UMKM terpadu serta menyediakan fasilitas pembinaan, pelatihan, serta kredit lunak kepada UMKM.

    Selain itu, Pemerintah Kabupaten Berau juga memberikan dukungan bagi terciptanya entrepreneur mustahiq yang bersinergi dengan program kerja Baznas Kabupaten Berau, serta mendukung program penyelia halal yang dilaksanakan oleh sejumlah perangkat terkait.

    ‘Kami menyadari, UMKM dan dunia wirausaha sebagai motor penggerak perekonomian mandiri harus mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak. Kami juga menyadari, produk UMKM tidak bisa dipisahkan dari sertifikasi halal sebagai keabsahan untuk dikonsumsi ummat muslim,” Jelasnya.

    Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Berau senantiasa mendorong akselerasi kemajuan UMKM Bumi Batiwakkal yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat agar semakin mandiri dari segi ekonomi. Yang mana, tentunya hal tersebut memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Majelis Ulama Indonesia.

    Diharapkannya kegiatan Rakor ini menghasilkan rumusan-rumusan terbaik dan bermanfaat bagi pemberdayaan ekonomi ummat Islam di Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Berau.

    Pada kesempatan tersebut dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada para guru, para ustaz, alim ulama sekalian, yang telah secara serius membina dan memberikan bimbingan kepada ummat.

    “Saya sangat berharap, semoga jalinan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Berau dengan Majelis Ulama Indoensia dapat terus terjaga dan terjalin baik,” Ungkapnya.

    Lebih lanjut dirinya juga berpesan kepada para peserta agar dapat menjadi penyejuk dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat menyampaikan pesan-pesan kedamaian dalam setiap pertemuan majelis yang dilaksanakan.

    “Mengingat, sebentar lagi kita akan memasuki ajang pesta demokrasi 2024. Mudah-mudahan kesejukan dan perdamaian akan selalu kita rasakan,” Pungkasnya (*MNH/ADV).